Pembukaan Kawasan Kota Lama Surabaya Ditarget 23 Juni Mendatang

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

13 Juni 2024 08:17 13 Jun 2024 08:17

Thumbnail Pembukaan Kawasan Kota Lama Surabaya Ditarget 23 Juni Mendatang Watermark Ketik
Penataan Kawasan Kota Lama Surabaya. (Foto:Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menargetkan Kawasan Kota Lama Surabaya akan diresmikan pada tanggal 23 Juni 2024 mendatang. Hingga saat ini, proses pengerjaan tinggal merapikan beberapa utilitas, khususnya yang ada di jalan zona China

Seperti tiang milik provider yang berada di sepanjang Jalan Karet yang ditertibkan langsung oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Surabaya. Terdapat 14 tiang yang diturunkan karena berkaitan dengan estetika dan penataan Kawasan Kota Lama.

"Untuk utilitas yang ada di jalan bekas kya-kya itu (Kembang Jepun) tidak diturunkan. Yang diturunkan itu yang ada di Jalan Karet. Itu sudah ada beberapa yang diturunkan," jelas Eri

"Insyaallah tetap di tanggal 23 Juni ya, bersamaan dengan event lari maraton yang juga digelar di sana," imbuhnya.

Terkait dengan keikutsertaan pihak swasta terhadap pengembangan Kawasan Kota Lama, Eri menyebut sudah banyak pihak yang menyatakan ketertarikannya.

Bahkan terdapat salah satu kampus swasta yang akan membuka kantor di objek wisata tersebut.

"Antusiasmenya cukup bagus. Bahkan sudah ada universitas yang nanti akan buka di situ, tepatnya di sebelah Bank Mandiri," pungkasnya.

Sebagai informasi, Kota Lama Surabaya merupakan kawasan yang merekam sejarah panjang perkembangan Kota Pahlawan sejak abad ke-17 hingga ke-20.

Pada masa itu, kawasan Kota Lama Surabaya tidak hanya sebagai pusat kota, namun juga sebagai pelabuhan, industri, dan perdagangan yang dihuni berbagai etnik/bangsa.(*)

Tags:

wisata Eri Cahyadi Kawasan Kota Lama sejarah Peninggalan Kolonial