Pemerintah Segera Naikkan Harga Minyakita, Bulog Jatim: Sekarang HET Masih Rp14 Ribu

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

16 Mei 2024 23:45 16 Mei 2024 23:45

Thumbnail Pemerintah Segera Naikkan Harga Minyakita, Bulog Jatim: Sekarang HET Masih Rp14 Ribu Watermark Ketik
Pemerintah akan naikkan HET Minyakita, Kamis (16/5/2024). (Foto: Rifat/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Harga Minyakita dalam waktu dekat akan mengalami kenaikan. Hal ini setelah pemerintah berencana menaikkan Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng bersubsidi tersebut.

Untuk diketahui Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengusulkan kenaikan Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng rakyat atau Minyakita di angka Rp15.000 per liter. Angka ini naik Rp1.000 jika dibandingkan dengan HET sebelumnya Rp 14.000 per liter.

Zulkifli menyebut kenaikan harga Minyakita ini untuk membiayai dari sisi kemasan. Saat ini, pihaknya masih terus melakukan pembahasan terkait rencana kenaikan HET Minyakita.

Namun, menanggapi wacana tersebut, Bulog Jatim hingga saat ini memastikan bahwa harga belum resmi naik. 

"Saat ini harga HET minyak premium di Bulog Jatim masih Rp17 ribu per liter. Sedangkan harga Minyakita masih Rp14 ribu," ucap Pimpinan Wilayah Bulog Jatim Ermin Tora, Kamis (16/5/2024).

Ermin menilai stok minyak yang ada di Bulog berbeda dengan beras. Stok Minyakita tidak bisa disimpan terlalu lama karena muncul gumpalan pada bagian bawah. "Jadi biasanya stoknya per periode," katanya.

Ermin mengatakan, pemerintah juga menaikkan HET beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) per 1 Mei lalu. Menurutnya, HET naik menjadi Rp 12.500 per kilogram yang sebelumnya hanya Rp 11.000 per kilogram. "Naik atau tidaknya harga ini berdasarkan penugasan pemerintah," jelasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Harga minyak minyakita Bulog Jatim Jawa timur