Pemkab Bandung Studi Tiru Pengelolaan Wisata Jam Gadang

Jurnalis: Maria Winchester
Editor: Akhmad Sugriwa

20 Mei 2023 02:44 20 Mei 2023 02:44

Thumbnail Pemkab Bandung Studi Tiru Pengelolaan Wisata Jam Gadang Watermark Ketik
Bupati Bandung Dadang Supriatna dan rombongan studi tiru Jam Gadang di Bukititnggi Sumbar, Jumat (19/5/23). (Foto: Prokopim)

KETIK, BANDUNG – Bupati Bandung Dadang Supriatna didampingi sejumlah kepala perangkat daerah bertemu dengan Walikota Bukittinggi Provinsi Sumatera Barat, Erman Safar, di Aula Balai Kota Bukittinggi, Jumat (19/05/2023).

Kunjungan kerja unsur jajaran Pemerintah Kabupaten Bandung tersebut, dalam rangka studi tiru terkait pengelolaan wisata di Bukittinggi, salah satunya kawasan wisata Jam Gadang.

Untuk diketahui, Jam Gadang merupakan sebuah nama untuk menara jam. Menara jam tersebut memiliki jam dengan ukuran besar di empat sisinya, sehingga dinamakan Jam Gadang, sebutan bahasa Minangkabau yang berarti "jam besar".

Selain sebagai objek wisata, Jam Gadang menjadi pusat penanda Kota Bukittinggi. Di area itu sendiri, ada taman di sekitar menara jam. Taman itu menjadi ruang interaksi masyarakat baik di hari kerja maupun libur. 

"Pemkot Bukittinggi pun terus menata dan mempercantik kawasan yang disebut-sebut sebagai salah satu ikon Bukittinggi yang telah mendunia. Jadi, tidak ada salahnya jika kita tiru upaya-upaya yang sudah dilakukan sama Pak Wali ini", ujar Bupati Bandung.

Tidak hanya aspek pariwisata, bupati juga berguru ilmu di bidang lainnya. Diantaranya regulasi dalam pengelolaan keuangan daerah, pengelolaan UMKM dan sumber dana untuk pembiayaan kelurahan yang dianggapnya bisa diterapkan di Kabupaten Bandung.

"Kita juga bersama Pak Wali, saling berdiskusi dan bertukar informasi tentang program pembangunan yang saat ini tengah dijalani. Hasil diskusi ini menjadi referensi kita untuk saling melengkapi", ungkap bupati.

Kepala OPD yang turut serta di antaranya Kepala Bapelitbangda, Erwin Rinaldi, Kepala Bapenda Erwan Kusuma, Kepala DPUTR, Zeis Zultaqawa, Kepala DPMD, Tata Irawan dan Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangungan Kabupaten Bandung Tisna Umaran, (*)

Tombol Google News

Tags:

BUPATI BANDUNG DADANG SUPRIATNA PEMKAB BANDUNG KABUPATEN BANDUNG jam gadang