Pendaftaran Cak-Ning Surabaya Resmi Dibuka, Simak Syaratnya

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Naufal Ardiansyah

17 September 2023 00:06 17 Sep 2023 00:06

Thumbnail Pendaftaran Cak-Ning Surabaya Resmi Dibuka, Simak Syaratnya Watermark Ketik
Para mantan Cak dan Ning Surabaya saat sedang berbagi pengalaman bersama para tamu. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Pemilihan duta wisata Cak Ning Surabaya kembali dibuka. Ajang ini merupakan wadah bagi muda-mudi Kota Surabaya untuk mempromosikan potensi dan tujuan wisata di Ibu kota Jawa Timur tersebut.

Ajang yang sudah diselenggarakan sejak tahun 1981 ini merupakan sarana untuk mengembangkan diri dan memperbanyak relasi.

Cak dan Ning merupakan panggilan akrab bagi muda mudi di kota pahlawan. Cak yang berasal dari ‘Cacak’ adalah sapaan untuk laki-laki dan Ning untuk perempuan.

Selain mempromosikan wisata di Kota Surabaya nantinya Cak dan Ning Surabaya juga akan berkompetisi di level provinsi yakni Raka Raki Jawa Timur.

Pendaftaran online dimulai hari ini tanggal 16 september hingga 14 Oktober 2023. Sedangkan untuk grand final sendiri akan dilaksanakan pada 18 November 2023.

Foto Suasana roadshow pemilihan Cak dan Ning Surabaya. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Suasana roadshow pemilihan Cak dan Ning Surabaya. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

Tahun ini Cak Ning Surabaya mengambil tema 'Kedigdayaan Arek Suroboyo', tema ini diangkat karena melambangkan ciri khas yang dimiliki arek suroboyo yang kuat, berani, kompak, bermental baja, kreatif dan inovatif. Dengan harapan adanya pemuda pemudi yang memiliki semangat dan kompetensi tersebut untuk terus berkontribusi bagi Kota Surabaya.

"Jadi tahun ini kita mencari Cak dan Ning Surabaya yang bisa menjadi wajah bagi Kota Surabaya. Dengan Tema Kedigdayaan Arek Suroboyo, kami ingin Cak dan Ning ini bisa digdaya dalam mempromosikan wisata di Jawa Timur," jelas Humas Paguyuban Cak dan Ning Surabaya, Zahra saat ditemui di Balai Pemuda, Sabtu (16/9/2023).

Zahra menambahkan untuk menyambut dibukanya pemilihan Cak dan Ning Surabaya, kali ini Paguyuban Cak dan Ning Surabaya menyelenggarakan grand opening roadshow pemilihan Cak dan Ning Surabaya. Dalam acara ini terdapat berbagai event menarik seperti talk show, pertunjukan seni dan juga fashion show.

"Untuk menyambut pemilihan Cak dan Ning Surabaya tahun ini kita menyelenggarakan Roadshow hingga grand final di bulan November nanti. Jadi selama itu akan ada berbagai kegiatan seperti kunjungan ke radio atau ke berbagai universitas di Surabaya.

"Untuk pemilihan tahun ini kita buat waktunya panjang agar yang mendaftar banyak. Selain itu juga kita ada kunjungan ke radio dan kampus-kampus di Surabaya," tambahnya.

Dilansir dari instagram Cak dan Ning Surabaya berikut ini adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengikuti pemilihan Cak dan Ning Surabaya.

• Ber-KTP Surabaya

• Usia 16-24 tahun (terhitung mulai 3 November 2023)

• Tinggi badan Cak minimal 168 cm

• Tinggi badan Ning minimal 158 cm

• Tidak pernah menjadi duta wisata kabupaten/kota/daerah lain

• Tidak sedang mengikuti pemilihan duta kampus dan/atau duta lainnya dalam waktu bersamaan (Oktober-November)

• Memiliki kemauan kuat untuk aktif mempromosikan pariwisata Kota Surabaya serta Paguyuban Cak dan Ning Surabaya secara individu maupun tim

• Belum pernah menikah

Selain itu para peserta juga harus mempersiapkan berkas untuk keperluan administratif sebagai berikut:

• Fotokopi KTP 2 lembar

• Mengisi formulir pendaftaran (online) dan dicteak

• Foto close up dan seluruh badan ukuran 4R, masing-masing 2 lembar (background putih, baju hitam berkerah, dan celana hitam). Untuk Ning berhijab (background putih, baju hitam berkerah, jilbab berwarna krem, dan celana hitam).

• Surat pernyataan izin orang tua untuk mengikuti pemilihan Cak dan Ning Surabaya 2023 (bermaterai 10.000)

• Semua syarat administratif pendaftaran dibawa dan dikumpulkan saat pengembalian formulir pendaftaran (cetak).

Formulir pendaftaran dapat diakses melalui LINK INI. (*)

Tombol Google News

Tags:

Cak Ning Surabaya Duta Wisata Pemuda Pemudi Kreatifitas Kota Surabaya