Penting! Ini Kumpulan Doa Perjalanan Mudik

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Naufal Ardiansyah

14 April 2024 01:21 14 Apr 2024 01:21

Thumbnail Penting! Ini Kumpulan Doa Perjalanan Mudik Watermark Ketik
Ilustrasi perjalanan mudik. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Menjelang arus mudik, jutaan masyarakat Indonesia akan melakukan perjalanan untuk pulang ke kampung halaman guna merayakan lebaran bersama keluarga.

Kementerian Perhubungan RI (Kemenhub) memprediksi puncak arus mudik 2024 akan dimulai pada 6 April hingga 8 April 2024.

Tak hanya itu, ada juga arus balik mudik pasca lebaran yang jumlahnya diprediksi tak jauh berbeda dengan mudik jelang Lebaran.

Diprediksi terdapat sekitar 193 juta pemudik yang akan memadati jalanan untuk kembali ke kampung halaman. Melihat banyaknya jumlah pemudik tentu keselamatan menjadi faktor penting agar perjalanan bisa menjadi nyaman dan aman.

Selain mematuhi setiap rambu-rambu lalu lintas dan arahan petugas, salah satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah berdoa sebelum menempuh perjalanan. Tujuan dari berdoa tak lain untuk meminta keselamatan sampai tujuan dan berserah diri kepada Allah SWT.

Dilansir dari beragam sumber, berikut ini kami berikan beberapa doa yang bisa dibaca untuk memohon keselamatan selama perjalanan mudik.

1. Doa selamat berkendara

سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Sub’hanna ladzi sakhkhoro lana hadza wa ma kunna lahu muqrinina wa inna ila rabbina lamunqalibun.

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya hanya kepada Tuhan kami-lah kami akan kembali.

2. Perjalanan jauh

اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِى الأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِى الْمَالِ وَالأَهْلِ

Allahumma antash shohibu fis safar, wal kholiifatu fil ahli. Allahumma inni a’udzubika min wa’tsaa-is safari wa ka-aabatil manzhori wa suu-il munqolabi fil maali wal ahli

Artinya:

“Ya Allah, Engkau adalah Teman dalam perjalanan, dan Pengganti dalam keluarga. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari beratnya perjalanan, dan kesedihan saat kembali, serta dari kekafiran setelah iman, dan dari doa orang yang dizalimi dari keburukan pemandangan dalam keluarga dan harta.” (HR Tirmidzi).

3. Doa saat Naik Kendaraan

اللهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبَّنَا لَمُنْقَلِبُونَ                                                                 

اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى اللَّهُمَّ هَوَنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ.                             

اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ وَالْخَلِيْفَةُ فِي الْأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُبِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَابَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوْءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالْأَهْلِ                                              

Allaahu akbar, Allaahu akbar, Allaahu akbar, subhaanal-ladzii sakhkhara lanaa hadzaa wa maa kunnaa lahuu muqriniin. Wa innaa ilaa Rabbinaa lamun-qalibuun.

Allaahumma innaa nas-aluka fii safarinaa haadzal-birra wat-taqwaa, wa minal-'amali maa tardhaa. Allaahumma hawwin 'alaynaa safaranaa hadzaa wathwi 'annaa bu'dahu.

Allaahumma antash-shaahibu fis-safari, wal-khaliifatu fil-ahli, Allaahumma innii a'uudzubika min wa'tsaa-is-safari, wa kaabatil-man-zhari, wa suu-'il-munqalabi fil-maali wal-ahli.

Artinya: Allah Mahabesar, Allah Mahabesar, Allah Mahabesar. Mahasuci Tuhan yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, sedang sebelumnya kami tidak mampu. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami (di hari kiamat).

 

Adab Berdoa Agar Segera Diijabah Allah SWT

1. Menghadap kiblat

2. Membaca hamdalah atau pujian, Istighfar dan sholawat

3. Dengan suara lembut dan rasa takut

4. Yakin akan dipenuhi permohonannya oleh Allah SWT.(*)

Tombol Google News

Tags:

mudik lebaran Kementerian Perhubungan doa selama perjalanan doa berkendara
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1