Penting Lakukan 3 Cara Ini Untuk Lindungi Mata dari Penyakit Katarak

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

6 Juni 2024 22:30 6 Jun 2024 22:30

Thumbnail Penting Lakukan 3 Cara Ini Untuk Lindungi Mata dari Penyakit Katarak Watermark Ketik
Ilustrasi pemeriksaan mata. (Foto: Freepik.com)

KETIK, JAKARTA – Penyakit katarak merupakan salah satu momok yang cukup ditakuti banyak orang, terutama bagi mereka yang berusia lanjut. Katarak sendiri merupakan suatu kondisi dimana lensa mata atau lapisan beningnya menjadi keruh.

Kondisi tersebut tentu dapat mengganggu penglihatan seseorang. Karena cahaya yang seharusnya masuk ke mata menjadi terhalang, Bahkan tak jarang akibat penyakit ini seseorang bisa menjadi buta. 

Pada umumnya, katarak tak terhindarkan seiring bertambahnya usia. Akan tetapi selain faktor usia juga terdapat beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan munculnya katarak, seperti paparan sinar ultraviolet, dehidrasi, diet rendah nutrisi dan antioksidan, cedera mata, diabetes, dan kondisi seperti uveitis (peradangan lapisan tengah mata).

Akan tetapi bukan berarti penyakit ini tidak dapat dicegah atau diperlambat kemunculannya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini kami ulas cara memperlambat terjadinya katarak.

1. Gaya hidup sehat

Hal pertama yang harus dilakukan adalah tentu saja menerapkan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi nutrisi yang baik bagi kesehatan mata. Seperti konsumsi sayuran dan buah buahan yang kaya akan vitamin dan mineral penting. Dengan konsumsi makanan bergizi maka akan meningkatkan aliran darah dan nutrisi penting ke mata.

2. Kontrol gula darah

Tahukah kamu kadar gula darah yang tinggi rupanya juga menjadi pemicu penyakit katarak pada mata. Oleh sebab itu penting untuk mengontrol dan menjaga kadar gula dalam darah. 

Gula darah tinggi memicu penumpukan sorbitol di dalam lensa, bagaikan air yang berlebihan, membuatnya membengkak dan keruh.

3. Melindungi mata dari sinar UV

Seperti yang kita tahu jika paparan sinar UV yang berlebih dapat memicu timbulnya katarak pada mata. Sinar UV dapat memicu stres oksidatif pada lensa yang dapat meningkatkan risiko katarak.

Oleh sebab itu tidak ada salahnya menggunakan kacamata yang memiliki perlindungan sinar UV saat sedang melakukan aktivitas di luar ruangan.(*)

Tags:

kesehatan Lensa Mata Katarak Sinar UV Gaya hidup sehat Lanjut usia
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 21. Home Sidebar 4 04. Home Sidebar 1