Perbedaan Mencuci Wajah dengan Air Dingin dan Air Hangat

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

31 Januari 2023 15:45 31 Jan 2023 15:45

Thumbnail Perbedaan Mencuci Wajah dengan Air Dingin  dan Air Hangat Watermark Ketik
Ilustrasi mencuci wajah. (Foto: Pexels)

KETIK, SURABAYA – Mencuci wajah adalah salah satu rangkaian perawatan kulit yang sangat penting. Fungsi mencuci wajah adalah untuk mengangkat kotoran dan sel sel kulit mati yang melekat di wajah kita.

Memastikan wajah bersih adalah langkah awal dari semua rangkaian perawatan kulit, hal ini menyiapkan kulit sebelum menerima produk perawatan selanjutnya, selain itu wajah yang bersih akan memaksimalkan penyerapan nutrisi dari skin care yang kita gunakan.

"Mencuci wajah adalah langkah paling dasar dan penting dari rutinitas apa pun," kata dokter kulit New York City Dr. Carlos Charles seperti dikutip dari NY Times. Cuci dua kali sehari, pagi dan malam, untuk menghindari pori-pori tersumbat, kusam dan jerawat.

"Kulit kita bersentuhan dengan polutan lingkungan, kotoran, dan faktor lain setiap hari yang harus dihilangkan dengan lembut," ujarnya.

Berbicara mengenai mencuci wajah mungkin masih banyak orang bingung apakah sebaiknya menggunakan air hangat atau air dingin. Tentu hal ini tergantung dari kulit masing masing orang yang berbeda.

Mencuci wajah dengan air dingin memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah mencegah timbulnya jerawat, terutama untuk kulit berkondisi rosacea.

Sementara jika menggunakan air panas, justru bikin kulit dengan rosacea tambah meradang hingga kemerahan, juga menimbulkan jerawat. Selain itu air dingin juga bisa memberi keuntungan buat pemilik kulit kering dan acne-prone skin.

Sedangkan untuk sisi negatifnya air dingin akan mengencangkan pori-pori, sehingga bakteri dan kotoran dapat terperangkap dan nggak bisa keluar, semudah menggunakan air hangat.

Lalu jika mencuci wajah dengan air hangat berguna untuk membuka pori pori kulit untuk membersihkan make up dan kotoran yang menempel dengan lebih baik. Hal ini karena suhu air hangat akan membuka pori pori sehingga kotoran dan make up lebih mudah terangkat.

Apa pun pilihan airnya disarankan mencuci wajah dua kali sehari pada malam dan pagi hari. Bila berlebihan, bisa membuat kulit kamu  kering dan menyebabkan iritasi.(*)

Tags:

Perawatan kulit Skin care Air Dingin Air Hangat Mencuci Wajah
04. Home Sidebar 1
05. Home Sidebar 2
04. Home Sidebar 1