Peringati Hari Batik, ARTOTEL TS Suites Surabaya Ajak Ibu-Ibu Buat Batik Eco Print

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

2 Oktober 2023 14:05 2 Okt 2023 14:05

Thumbnail Peringati Hari Batik, ARTOTEL TS Suites Surabaya Ajak Ibu-Ibu Buat Batik Eco Print Watermark Ketik
Seorang ibu peserta acara menunjukkan karya batik eco print yang dibuatnya, Senin (2/10/2023). (Foto: M.Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Memperingati Hari Batik Nasional, ARTOTEL TS Suites Surabaya bekerja sama dengan UMKM mengadakan workshop membuat batik dengan teknik eco print. Sebanyak 20 peserta dari warakawuri ikut meramaikan acara ini.

Assistance Teritory Kodam V Brawijaya Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin membuka langsung acara yang diadakan
ARTOTEL TS Suites Surabaya ini. La Ode menilai acara ini menjadi salah satu langkah untuk melestarikan batik.

"Kegiatan ini bagus karena melestarikan salah satu warisan dunia terkait batik, apa lagi ini bertepatan dengan hari batik nasional," ucapnya, Senin (2/10/2023).

Peserta diajarkan langsung oleh mentor UMKM dari gaya tree- Shantika Fashion Shanty Octavia Utami. Dia menyebut teknik eco print baru dikenalkan di Indonesia mulai 2015. "Teknik ini populer di Jepang, dan memang lebih ramah lingkungan jadi ini bagus untuk lingkungan kita," ucap Shanty.

Menggunakan bahan dasar dedaunan, ibu-ibu lansia melakukan teknik eco print di kain putih. Dengan memukul daun dilembaran kain tersebut, ibu-ibu dengan semangat mencetak motif batik.

Karena terlalu semangat, tidak jarang kain yang digunakan untuk eco print bolong karena dipukul dengan keras. Salah satu yang mengalami Lusia T (76) warga Surabaya. "Awalnya kain saya bolong, tapi setelah diajari lebih bener lagi, hasilnya mulai terlihat bagus," ucap Lusia.

Hal senada diungkapkan Sadimin (56). Dia mengaku ini pengalaman pertama membuat eco print. Dia mengaku teknik ini lebih melelahkan karena harus memukuli daunnya. "Capek tapi seru sih nanti bisa dilakukan di rumah," ucapnya.

Human Resources Manager ARTOTEL TS Suites  Surabaya Ari Anggraeni Mayadewi mengatakan kegiatan ini salah satu bentuk apresiasi terhadap ibu-ibu. Kegiatan pelatihan ini dapat menambah keterampilan dikarenakan bahan-bahan dan cara membuatnya cukup mudah untuk dilakukan dirumah.

"Kegiatan ini diharapkan dapat mengembangkan potensi keterampilan ibu-ibu serta memberikan kenangan yang berkesan selama berada di sini," ucapnya.

Bella Austin Marketing Communication Manager ARTOTEL TS Suites Surabaya menambahkan, pelatihan ini digelar dalam rangka membangkitkan ketertarikan masyarakat terhadap batik terutama dengan sistem eco print yang lebih mudah untuk dilakukan sendiri di rumah dan lebih ramah lingkungan.

"Selain itu dapat mengembangkan kegiatan-kegiatan seni yang dapat dilakukan di area ARTSPACE dari ARTOTEL TS Suites Surabaya," terangnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Hari Batik Nasional Batik Artotel TS Sutos