Pertamina Malang Prediksi Kebutuhan BBM Jelang Lebaran Naik hingga 90 Persen

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

22 Maret 2024 06:03 22 Mar 2024 06:03

Thumbnail Pertamina Malang Prediksi Kebutuhan BBM Jelang Lebaran Naik hingga 90 Persen Watermark Ketik
Pertamina Fuel Terminal Malang. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Pertamina Fuel Terminal Malang memprediksi terjadi kelonjakan kebutuhan BBM selama libur lebaran. Kenaikan tersebut diperkirakan mencapai 90 persen dibandingkan hari-hari biasa.

Sales Branch Manager Pertamina Wilayah Malang Raya, Choerul Anwar menjelaskan pertimbangan tersebut disebabkan fase cuti bersama yang lebih panjang.

"Kondisi liburan memang dengan cuti bersama panjang ini kemungkinan bisa terbagi. Tapi antisipasinya kita sudah menyiapkan kenaikan sampai 90 persen untuk ketersediaan di lapangan," ujar Anwar, Jumat (22/3/2024).

Lonjakan kebutuhan tersebut diprediksi terjadi mulai dari H-2 sebelum lebaran berlangsung. Rata-rata tiap harinya ketersediaan Pertalite mencapai 400 liter, sehingga antisipasi kelonjakan hingga 90 persen tersebut menyebabkan Pertamina Malang harus siaga pasokan sekitar 40 kilo liter.

"Kalau untuk Kota Malang sendiri rata-rata kami di 400 liter untuk di Pertalite. Kalau kenaikannya 90 persen berarti sekitar 40 kilo liter. Kalau di sini rata-rata per harinya pendistribusian maksimal sekitar 1900 liter, prediksinya bisa sampai 2200 liter," tambahnya.

Tak hanya itu, Anwar juga telah memastikan ketersediaan BBM di lokasi rest area jalan tol tetap aman. Di samping mengantisipasi antrean kendaraan yang mengular, tahun ini Pertamina Malang juga menyediakan produk BBM bersubsidi.

"Kalau dari sisi jalur tol rest area kan antreannya bisa panjang tapi sejauh ini belum ada isu terkait antrean di tol. Untuk tol kami saat ini sudah menyediakan produk subsidi, kalau tahun lalu kan belum," katanya.

Pembatasan pengisian BBM juga menjadi pertimbangan untuk mencegah panjangnya antrean kendaraan. Para pengendara akan diarahkan menuju SPBU selanjutnya agar dapat mengurai antrean kendaraan.

"Namun dipastikan dibatasi itu bukan karena stoknya yang tidak ada, tetapi sebatas untuk mengurai antrean yang ada di SPBU. Nanti akan kita arahkan di SPBU selanjutnya. Biasanya kan ada orang yang panik takut nggak ada. Nah kita nanti arahkan di SPBU lain," tutur Anwar.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pertamina Fuel Terminal Malang Pertamina Malang Lonjakan BBM Jelang Libur Lebaran Cuti Bersama Hari Raya stok BBM Kota Malang