Pertemuan OPEC Ditunda, Harga Minyak Anjlok 1 Persen

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

23 November 2023 04:04 23 Nov 2023 04:04

Thumbnail Pertemuan OPEC Ditunda, Harga Minyak Anjlok 1 Persen Watermark Ketik
Kilang minyak. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Rencana pertemuan Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya (OPEC+) terkait pemangkasan produksi yang dijadwalkan akhir pekan ini harus ditunda.

Penundaan tersebut memunculkan spekulasi bahwa negara-negara produsen minyak mungkin saja memangkas produksi lebih sedikit dari perkiraan.

Penundaan tersebut berimbas pada harga minyak yang terpantau mengalami penurunan 1 persen pada perdagangan Kamis (23/11/2023).

Dikutip dari Reuters, Harga minyak mentah berjangka Brent turun 1 persen menjadi US$81,15 per barel. Sedangkan, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS melemah 0,9 persen menjadi US$76,40 per barel.

Analis PVM Oil Associates, Tamas Varga mengatakan kepatuhan para negara anggota OPEC+ menjadi tantangan tersendiri dalam menggelar pertemuan. Hal ini didasari oleh insentif untuk tidak mematuhi kuota produksi mereka.

“Kepatuhan akan lemah di masa depan,” kata Varga. 

Pada sebuah pernyataan pertemuan OPEC+ direncanakan akan ditunda hingga kamis (30/11/2023) mendatang. Namun, belum diketahui penyebab pasti penundaan tersebut.

Terdapat langkah antisipasi di kalangan pelaku pasar bahwa OPEC dan sekutunya, yang disebut OPEC+, mempertimbangkan menerapkan pengurangan produksi tambahan yang mendorong harga lebih tinggi pada akhir pekan lalu dan awal pekan ini.(*)

Tombol Google News

Tags:

Harga minyak perdagangan investor Opec Ekonomi