Pilkada 2024, Pemkab Beri Hibah Rp 3,9 M untuk Polres Bondowoso

Jurnalis: Ari Pangistu
Editor: Muhammad Faizin

18 Januari 2024 04:58 18 Jan 2024 04:58

Thumbnail Pilkada 2024, Pemkab Beri Hibah Rp 3,9 M untuk Polres Bondowoso Watermark Ketik
Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto berjabat tangan dengan Kapolres Bondowoso, AKBP Lintas Mahardono usai penandatangan NPHD di Peringgitan, Kamis (18/1/2024) (Foto: Ari Pangistu / Ketik.co.id)

KETIK, BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten Bondowoso memberikan dana hibah pengamanan Pilkada pada Kepolisian Resor Bondowoso. Nilainya mencapai Rp 3,9 miliar. 

Pemberian anggaran tersebut diawali dengan penandatanganan NHPD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah) antar kedua belah pihak di Peringgitan Pendopo Kabupaten pada Kamis (18/1/2024).

Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto, mengatakan, dana hibah ini diharapkan dapat menjadi sarana bagi Polres Bondowoso dalam memperkuat pengamanan. Serta, mendukung segala kebutuhan operasional yang diperlukan dalam menjalankan tugas. 

“Ini bentuk komitmen Pemkab Bondowoso untuk mendukung dan memastikan pelaksanaan Pilkada berjalan lancar dan demokratis,” ujarnya.

Ia mengharapkan kerja sama ini hendaknya menjadi landasan kuat dalam membangun Bondowoso yang lebih baik, aman, dan kondusif. 

Sementara itu, Kapolres Bondowoso AKBP Lintar Mahardono, mengatakan, anggaran tersebut akan digunakan semaksimal mungkin untuk pengamanan Pemilu tahun ini .

“Iya ini untuk Pilkada,” ujarnya.

Plt. Kepala Bakesbangpol, Aries Agung Sungkowo, menjabarkan, dana tersebut digunakan hanya untuk pengamanan Pilkada 2024 saja. 

Tak termasuk pelantikan Bupati dan wakil bupati terpilih karena pelantikan dilaksanakan tahun 2025. 

“Bukan, hanya Polres. TNI ada di Satpol PP. Linmas di KPU. Ini hanya untuk Polres saja,” ujarnya.

Menurutnya, anggaran tersebut pencairan dilakukan dalam satu tahapan saja. Yakni di APBD 2024, dan kemudian bisa langsung digunakan sejak tahapan awal Pilkada sekitar bulan April 2024.

“Kalau di Polres bisa langsung tahun ini, satu tahap,” pungkasnya. 

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Pj Sekretaris Daerah, Haeriyah Yulianti; Sekretaris KPU, Toidin; Ketua Komisioner Bawaslu, Nani Agustina; dan sejumlah kepala OPD.

Tombol Google News

Tags:

Bondowoso Pilkada 2024 Pj Bupati Bondowoso Bambang soekwanto Kapolres Bondowoso AKBP Lintas Mahardono pilkada serentak Pilbup Bondowoso Naskah Perjanjian Hibah Daerah NPHD