PLN Persiapkan Pasokan Listrik 3 lapis Untuk Piala Dunia U20

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Rudi

13 Maret 2023 09:20 13 Mar 2023 09:20

Thumbnail PLN Persiapkan Pasokan Listrik 3 lapis Untuk Piala Dunia U20 Watermark Ketik
Dirut PLN Darmawan Prasodjo memberikan penjelasan kepada Ketua Umum PSSI Erick Tohir mengenai pasokan listrik di Stadion Utama Gelora Bung Tomo untuk perhelatan Piala Dunia U20. (Foto:Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Untuk mempersiapkan venue perhdlatan Piala Dunia U20, PLN menerapkan skema listrik tanpa asap, tanpa kedip dan zero down time di enam stadion utama.

Rinciannya, Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Jakabaring di Palembang, Stadion Si Jalak Harupat di Bandung, Stadion Manahan di Solo, Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya, dan Stadion I Wayan Dipta di Gianyar Bali.

"Seluruh stadion tempat pertandingan kami suplai dan amankan dengan pasokan listrik 3 lapis. Sehingga kami memastikan seluruh pertandingan akan berjalan aman, mulai dari pencahayaan hingga seluruh peralatan pendukung selama pertandingan tak akan mengalami kendala," tegas Direktur Utama (Dirut) PLN Darmawan Prasodjo kepada Ketik.co.id saat meninjau Stadion GBT bersama Ketua PSSI Erick Tohir, Senin (13/3/2023).

"Khusus untuk Stadion Utama Gelora Bung Tomo ini yang memiliki demand sekitar 2.000 KVA, kami menyuplainya dengan Uninterruptible Power Supply (UPS) yang didukung 3 penyulang dari 2 gardu induk yang berbeda dengan fitur automatic change over. Jika ada gangguan dari satu gardu maka akan langsung berpindah ke gardu yang lain," tambahnya.

Selain itu, pihak PLN akan menerjunkan 180 personil di Stadion GBT untuk berjaga selama 24 jam. Untuk sistem kelistrikan berlapis ini, pihak PLN tidak hanya akan diberlakukan di stadion utama saja, tetapi juga stadion latihan dan penginapan para atlet.

Foto Dirut PLN Darmawan Prasodjo saat meninjau Stadion GBT untuk persiapan Piala Dunia U20.(Foto:Husni Habib/Ketik.co.id)Dirut PLN Darmawan Prasodjo saat meninjau Stadion GBT untuk persiapan Piala Dunia U20.(Foto:Husni Habib/Ketik.co.id)

Untuk media center FIFA, menurut aturan FIFA pasokan listriknya harus menggunakan genset dan tidak boleh terhubung langsung dengan stadion utama. 

"Jadi untuk media center ini biasanya aturan FIFA mengharuskan penggunaan genset dan tidak terhubung dengan stadion utama. Untuk kali ini, kami akan menggunakan UPS dengan penyulang yang tidak terhubung dengan stadion utama. Sehingga seumpama terjadi gangguan pasokan listrik di media center tetap aman," imbuh Darmawan.

Ditanya mengenai persiapan untuk Stadion GBT,  Darmawan mengatakan sudah sekitar 70 persen. PLN menargetkan persiapan akan mencapai 100 persen di semua stadion yang digunakan pada pertengahan April mendatang atau sebulan sebelum perhelatan piala dunia U20.(*)

Tombol Google News

Tags:

Piala Dunia U20 PSSI Stadion Utama Gelora Bung Tomo Erick tohir PLN