PLN Siagakan 1.124 SPKLU Untuk Layani Pemudik yang Menggunakan Kendaraan Listrik

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

2 April 2024 08:30 2 Apr 2024 08:30

Thumbnail PLN Siagakan 1.124 SPKLU Untuk Layani Pemudik yang Menggunakan Kendaraan Listrik Watermark Ketik
Ilustrasi SPKLU. (Foto: Dok. PLN)

KETIK, JAKARTA – Untuk persiapan mudik, PLN telah mempersiapkan sebanyak 1.124 stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang tersebar di seluruh indonesia, untuk mengakomodir kendaraan listrik.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, untuk memberikan pelayanan maksimal kepada para pemudik, khususnya pengguna kendaraan listrik, pihaknya bersama sejumlah mitra memastikan jika SPKLU yang digunakan berada dalam kondisi baik dan siap melayani pemudik.

"PLN bersama mitra telah menyiapkan SPKLU yang tersebar di seluruh Indonesia dengan total sebanyak 1.124 unit. Bahkan, khusus untuk jalur mudik utama seperti tol Trans Sumatra-Jawa akan ada tambahan 100 unit SPKLU," kata Darmawan.

Darmawan menambahkan, agar mudah diakses oleh para pemudik, pihaknya menyiapkan SPKLU di ruas jalan yang merupakan jalur mudik, seperti tol trans Jawa dan Sumatera. Selain itu jarak antar SPKLU telah diatur sedemikian rupa berkisar 23 kilometer. 

"Rata-rata jarak antar SPKLU adalah sekitar 23 km. Ini sangat aman untuk melayani kebutuhan kendaraan listrik yang rata-rata jarak tempuhnya antara 300-500 km," tambahnya.

Lebih lanjut selama masa siaga, PLN juga akan mengerahkan sebanyak 3.504 pegawai yang akan siap selama 24 jam nonstop di titik-titik SPKLU. 

PLN juga telah menyiagakan SPKLU mobile yang dapat bergerak dalam melayani pengguna kendaraan listrik di lokasi yang belum terjangkau SPKLU konvensional. Terdapat juga sebanyak 1.839 stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU) untuk kendaraan listrik roda dua.

"PLN juga menyiapkan (SPBKLU) untuk kendaraan listrik roda dua dengan bekerja sama dengan para mitra. Terdapat 1.839 unit SPBKLU di seluruh Indonesia yang telah tersedia," paparnya.

Adapun, untuk mengetahui titik-titik rinci lokasi SPKLU, SPBKLU, dan SPLU tersebut, pelanggan bisa mengakses melalui aplikasi PLN mobile.(*)

Tombol Google News

Tags:

otomotif Arus Mudik PLN SPKlU SPBKLU kendaraan listrik
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1