Profil Muhammad Yunus, Ekonom Peraih Nobel Perdamaian yang Ditunjuk Pimpin Bangladesh

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

7 Agustus 2024 10:03 7 Agt 2024 10:03

Thumbnail Profil Muhammad Yunus, Ekonom Peraih Nobel Perdamaian yang Ditunjuk Pimpin Bangladesh Watermark Ketik
Bankir Muhammad Yunus. (Foto: Akun X @FreedomforBD)

KETIK, JAKARTA – Seorang ekonom yang juga peraih Nobel Perdamaian, Muhammad Yunus ditunjuk menjadi Perdana Menteri sementara Bangladesh setelah PM sebelumnya Sheikh Hasina resmi mundur.

Sekretaris Pers Presiden Mohammed Shahabuddin, Joynal Abedin mengumumkan penunjukan Yunus ini pada Rabu (7/8/2024).

Seperti dilansir dari Al Jazeera, Abedin menyampaikan, anggota pemerintahan lainnya yang dipimpin Yunus akan diputuskan segera setelah diskusi dengan partai politik dan pemangku kepentingan lainnya.

Para pemimpin demonstrasi mahasiswa, pimpinan tiga divisi militer, dan anggota masyarakat sipil serta para pengusaha menggelar rapat dengan presiden selama lima jam lebih pada Selasa (6/8/2024) untuk memutuskan kepala pemerintahan sementara.

Profil Muhammad Yunus

Sebagai seorang ekonom dan bankir, Yunus dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian tahun 2006 untuk upayanya dalam mengembangkan pasar kredit mikro.

Yunus dipuji karena telah membawa ribuan orang keluar dari kemiskinan melalui Grameen Bank, yang ia dirikan pada tahun 1983, dan memberikan pinjaman kecil kepada para pebisnis yang tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman bank biasa

Laki-laki ini pernah mengalami masalah dengan Hasina pada 2008 terkait Grameen Bank. Pemerintah Hasina memulai serangkaian investigasi terhadapnya.

Selama penyelidikan, Hasina menuduh Yunus menggunakan kekerasan dan metode lainnya untuk menagih pinjaman dari perempuan miskin di pedesaan. Tuduhan ini terkait dengan perannya sebagai kepala Grameen Bank. Namun, Yunus membantah tuduhan ini.

Pada tahun 2011, pemerintah Hasina mulai meninjau aktivitas bank. Lantaran hal ini, Yunus lantas dipecat dari posisinya sebagai direktur pelaksana karena diduga melanggar peraturan pensiun pemerintah.

Kemudian, pada tahun 2013, Yunus diadili dengan tuduhan menerima uang tanpa izin pemerintah, termasuk Hadiah Nobel dan royalti dari sebuah buku.

Setelah itu, Yunus menghadapi lebih banyak tuduhan terkait perusahaan yang ia bangun, termasuk Grameen Telecom dan GrameenPhone.

Dikutip dari situs The Nobel Prize, Yunus lahir pada tahun 1940 di kota pelabuhan Chittagong. Dia menempuh pendidikan di Universitas Dhaka, Bangladesh, sebelum menerima beasiswa Fulbright untuk belajar ekonomi di Universitas Vanderbilt.

Yunus meraih gelar Ph.D. di bidang ekonomi dari Vanderbilt pada tahun 1969. Setahun kemudian, dirinya menjadi asisten profesor ekonomi di Middle Tennessee State University. Setelah kembali ke Bangladesh, Yunus memimpin departemen ekonomi di Universitas Chittagong.

Sepanjang 1993 hingga 1995, Yunus merupakan anggota Kelompok Penasihat Internasional untuk Konferensi Dunia Keempat tentang perempuan. Yunus menduduki jabatan ini setelah ditunjuk oleh sekretaris jenderal PBB.

Dia telah menjabat di Komisi Global Kesehatan Wanita, Dewan Penasihat untuk Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan, dan Kelompok Ahli PBB untuk Perempuan dan Keuangan. (*)

Tombol Google News

Tags:

PM Bangladesh Profil Muhammad Yunus bankir peraih Nobel Muhammad Yunus Bangladesh