Puluhan Pemuda Ikuti Pelatihan Montir Motor CSR Geo Dipa

Jurnalis: Sungkara Anwar
Editor: Akhmad Sugriwa

10 November 2023 14:27 10 Nov 2023 14:27

Thumbnail Puluhan Pemuda Ikuti Pelatihan Montir Motor CSR Geo Dipa Watermark Ketik
Para peserta pelatihan montir motor Geo Dipa-Polban. (Foto: Iwa/Ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG – PT Geo Dipa Energi (Persero) memfasilitasi 30 pemuda sekitar wilayah kerja perusahaan proyek PLTP Patuha Unit 2, untuk mengikuti program Pelatihan dan Sertifikasi Klaster Service Motor.

Pelatihan service motor ini digelar selama 10 hari, yang terbagi dalam tiga periode, yang dimulai dari 11 Oktober sampai dengan 4 November 2023 di Program Studi Teknik Mesin Politeknik Negeri Bandung.  

Pemuda-pemudi tersebut berasal dari Desa Sugihmukti Kecamatan Pasirjambu, Panundaan Kecamatan Ciwidey dan Desa Alamendah Kecamatan Rancabali.

HSSE & Safeguard Manager GeoDipa, Bintang Loantara Sasongko menuturkan, melalui salah satu program CSR/Community Development Pelatihan dan Sertifikasi Service Sepeda Motor ini diharapkan dapat memberikan peningkatan keterampilan pengetahuan para peserta yang berasal dari desa-desa sekitar wilayah kerja perusahaan.

”Meningkatkan keterampilan menjadi penting saat ini seiring dengan perkembangan teknologi. Sehingga melalui pelatihan ini kami berharap dapat memberikan peluang kepada putra-putri daerah di wilayah Sugihmukti, Alamendah, dan Desa Panundaan untuk dapat meningkatkan keterampilan dan peluang mereka di dunia kerja," kata Bintang dalam rilisnya, Jumat (10/11/2023). 

GeoDipa bekerjasama dengan Polban sebagai fasilitator pembelajaran untuk meningkatkan kapasitas dan ilmu otomotif mengenai teknik-teknik perbaikan dan pemeliharaan sepeda motor sesuai dengan standar yang berlaku. 

Bintang menuturkan kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Melalui pilar community development ini, masyarakat dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka salah satunya dalam bidang otomotif.

"Kami ingin turut menciptakan program pemberdayaan masyarakat untuk terus mendukung generasi muda melalui pelatihan dan sertifikasi servis sepeda motor. Kami berharap masyarakat dapat memiliki keunggulan kompetitif dalam dunia industri saat ini. Selain itu melalui pelatihan ini, kami mendorong masyarakat untuk terus belajar dan mengembangkan diri agar dapat bersaing dalam pasar kerja yang semakin kompetitif,” tandas Bintang.

Melalui program community development ini, seluruh peserta mendapatkan kesempatan yang sama dan pengetahuan yang luas dari para pembimbing yang ahli di bidangnya. Sehingga seluruh peserta dinyatakan lulus uji  kompetensi dan berhasil mendapatkan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Pendidikan (BNSP) yang dapat digunakan untuk bekerja atau berwirausaha di bidang otomotif nantinya.

Sebelumnya, imbuh Bintang, telah terlaksana pula program Pelatihan dan Sertifikasi Pengelasan dari tanggal tanggal 11 September - 9 November 2023. (*)

Tombol Google News

Tags:

GEO DIPA Montir Motor CSR