Rangkaian Kegiatan Joko Widodo setelah Sepekan Purna Tugas

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

28 Oktober 2024 11:58 28 Okt 2024 11:58

Thumbnail Rangkaian Kegiatan Joko Widodo setelah Sepekan Purna Tugas Watermark Ketik
Jokowi saat menjamu Menteri Toleransi UEA di kediamannya yang ada di Surakarta. (Foto:dok Instagram @Jokowi)

KETIK, SURAKARTA – Setelah menyerahkan kepemimpinannya kepada Prabowo Subianto pada Minggu 20 Oktober 2024 lalu, Presiden ke-7 Republik Indonesia Joko Widodo sibuk dengan kegiatan bersama keluarganya di Solo.

Dalam sepekan terakhir ini, pria yang akrab disapa Jokowi tersebut menikmati waktunya bersama keluarga. Hal ini merupakan momen yang jarang dilakukan Jokowi saat masih menjabat sebagai Presiden RI.

Dua hari setelah purna tugas, Jokowi bersama sang istri Iriana mengunjungi salah satu rumah makan sate kesukaannya, yakni Sate Kambing Mas di Kartasura, Sukoharjo, Selasa 22 Oktober 2024. 

Jokowi datang sekitar pukul 09.00 WIB untuk sarapan bersama Iriana. Kedatangan Jokowi ke rumah makan sate tersebut sontak menjadi perhatian warga.

"Sebelum jadi wali kota, sering ke sini, pas masih jadi juragan mebel," kata salah seorang pegawai, Sulistiani

Sulistiani menambahkan, makanan yang sering dipesan Jokowi di rumah makan tersebut adalah sajian tongseng kambing, sedangkan Iriana lebih suka sate buntel. Saat tiba di rumah makan Jokowi memesan layaknya pelanggan biasa.

Berbeda dengan saat masih menjabat sebagai Presiden RI yang biasanya dikawal banyak orang, pada kedatangan tersebut Jokowi hanya dikawal 6 orang saja. 

"Bapak (Jokowi) langsung pesan sate buntel, tongseng, dan gulai. Ibu (Iriana) sukanya sate buntel," tambahnya.

"Bedanya cuma pengawalan saja, tidak seketat dulu. Dulu ramai banget, banyak yang ngawal. Tadi cuma enam orang," imbuhnya.

Keesokan harinya, Jokowi menerima kedatangan Menteri Toleransi Uni Emirat Arab (UEA), Sheikh Nahyan bin Mubarak Al Nahyan yang berkunjung ke rumahnya di kawasan Banjarsari, Kota Surakarta, Rabu 23 Oktober 2024.

Kedatangan Menteri Toleransi UEA tersebut untuk mengunjungi Masjid Raya Sheikh Zayed, dan melihat progres pembangunan Rumah Sakit (RS) Jantung Kardiologi Emirat-Indonesia yang ada di Surakarta.

"Tadi menteri negara untuk urusan toleransi, Sheikh Al Nahyan mengunjungi Masjid (Zayed), mengunjungi RS jantung yang beliau akan sumbangkan untuk Kota Solo, ada masalah tidak, ngecek," ungkap Jokowi.

Jokowi dan Sheikh Nahyan bin Mubarak merupakan teman lama. Dalam pertemuan tersebut keduanya hanya membahas perkembangan pembangunan RS Jantung Kardiologi Emirat-Indonesia yang pembangunannya dibantu oleh UEA.

"Kita ngobrol biasa aja kan sudah lama temenan. Tadi juga bahas tentang perkembangan RS, udah itu aja," paparnya.

Pada Jumat 25 Oktober 2024, Jokowi ditemani putra bungsunya melaksanakan salat Jumat di masjid Zayed, Surakarta. Kedatangan Jokowi ke masjid tersebut dinilai cukup mendadak, pengurus masjid baru mendapatkan info sekitar pukul 09.00 WIB.

Direktur Operasional Masjid Raya Sheikh Zayed, Munajat, menuturkan pihaknya selalu stanby jika sewaktu-waktu Jokowi mendatangi masjid tersebut. Hal ini lantaran posisi Jokowi yang saat ini tinggal tidak jauh dari masjid Zayed.

"Persiapan tidak ada, kami selalu standby beliau dekat, setiap saat akan datang ke sini. Tadi mendadak jam 09.00 WIB diberi tahu," kata Munajat," jumat 25 Oktober 2024.(*)

Tombol Google News

Tags:

Joko Widodo Purna Tugas Kegiatan Jokowi Iriana Surakarta