Rayakan Dies Natalis ke-60 Unesa Akan Bangun Kampus Baru di IKN dan Pacet

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

21 Agustus 2024 08:30 21 Agt 2024 08:30

Thumbnail Rayakan Dies Natalis ke-60 Unesa Akan Bangun Kampus Baru di IKN dan Pacet Watermark Ketik
Jajaran rektor dan pimpinan Unesa saat menghadiri peringatan Dies Natalis ke-60.(Foto:Humas Unesa)

KETIK, SURABAYA – Memperingati hari jadinya yang ke 60, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) kembali menyelenggarakan peringatan Dies Natalis di Graha Unesa, Rabu 21 Agustus 2024.

Sebagai salah satu kampus negeri terkemuka di Surabaya, Unesa telah memberikan banyak kontribusi bagi bangsa dan negara. Khususnya dalam bidang pendidikan, riset dan inovasi dalam mendukung program Indonesia Emas 2045.

"Ini penting, karena apapun kita harus bekerja kolaboratif bersama-sama untuk membangun bangsa ke depan. Di era ketidakpastian ini kita harus bisa bersama-sama membangun," jelas Rektor Unesa Prof Nurhasan, Rabu 21 Agustus 2024.

Berencana membangun kampus baru di IKN

Sebagai langkah nyata memajukan pendidikan bangsa, Unesa berencana akan membuka kampus baru di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN). Rencana tersebut telah dibahas bersama jajaran pemerintah termasuk Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dalam beberapa kesempatan. 

Untuk di IKN, Unesa sudah disiapkan lahan sekitar 4 hektar untuk investasi dan mengelola pendidikan di sana. Lokasi yang direncanakan sebagai kawasan kampus UNESA di sana berjarak sekitar 3,5 km dari lokasi upacara HUT ke-79 Republik Indonesia kemarin. 

"Pembangunannya mungkin tahun depan sudah mulai disiapkan. Ini masih kami rapatkan dan bahas lebih lanjut bersama jajaran terkait," tambah Nurhasan.

Selain IKN, Unesa juga berencana membangun kampus baru di Pacet, Mojokerto. Kampus tersebut nantinya akan difokuskan pada bidang peternakan dan pertanian. Langkah diambil oleh Unesa sebagai salah satu cara untuk pemerataan akses pendidikan bagi masyarakat.

"Kita harus bisa bersama-sama membangun kepentingan ini untuk negara dalam rangka menyikapi bonus demografi yang mimpinya bisa terwujud sebelum 2045," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Unesa IKN Indonesia Emas 2045 Otorita Ibu Kota Nusantara