Rizal Ramli Minta Asprindo Tak Terjerumus Manuver Suksesi Kepemimpinan 2024

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Moana

24 Mei 2023 06:58 24 Mei 2023 06:58

Thumbnail Rizal Ramli Minta Asprindo Tak Terjerumus Manuver Suksesi Kepemimpinan 2024 Watermark Ketik
Ketua Dewan Pembina Asprindo Dr Rizal Ramli (kanan) bersama Ketua Umum Asprindo Jose Rizal beberapa waktu lalu.(Dok.INews)

KETIK, JAKARTA – Asosiasi Pengusaha Bumiputera Nusantara Indonesia (Asprindo) tetap berpegang teguh pada cita- cita untuk menjadikan pengusaha Bumiputera sebagai tuan rumah di negeri sendiri. 

Demikian ungkap Ketua Dewan Pembina Asprindo, Dr Rizal Ramli. Cita-cita itu tidak boleh goyah oleh manuver atau langkah-langkah pragmatis terkait suksesi kepemimpinan di tanah air.  

Asprindo juga tidak boleh berpihak pada figur calon presiden tertentu hanya karena interest pribadi.

"Sebagai pengurus dan anggota, tentu boleh memiliki preferensi politik tertentu. Tapi sebagai organisasi, Asprindo hanya boleh berpihak dan mendukung calon presiden yang memasukkan misi Asprindo sebagai bagian dari program kerja pemerintah,” ujar Rizal Ramli. 

Pengusaha Pribumi Terpinggirkan

Ekonom senior itu menyampaikan pesan tersebut ketika berbincang hangat dengan Dewan Pimpinan Pusat Asprindo di Jakarta, Senin (22/5/2023) kemarin.

Hadir pada kesempatan itu Ketua Umum Asprindo Jose Rizal, Wakil Ketua Asprindo Ana Mustamin, Wakil Bendahara Lazuardi Idris, dan Ketua Departemen Urusan Luar Negeri Amin Mappa.

Pada kesempatan itu, Rizal Ramli merespon positif pernyataan Ketua Umum Asprindo Jose Rizal pekan lalu di media yang menyebut bahwa kebijakan pemerintah tidak pernah berpihak ke pengusaha pribumi. Pengusaha keturunan China terus membesar dan menguasai kue ekonomi, sementara pengusaha pribumi semakin terpinggirkan.

"Karena itu, Asprindo tidak boleh gegabah menentukan dukungan terhadap calon presiden yang akan berkompetisi pada 2024. Asprindo harus memastikan bahwa calon presiden mendatang mendukung misi Asprindo agar pengusaha pribumi menjadi bagian penting dari ekosistem dunia usaha,” tegasnya.

Asprindo adalah asosiasi yang didirikan pada 2018 lalu. Asosiasi ini beranggotakan pengusaha pribumi, dengan jaringan organisasi yang menyebar di seluruh Indonesia.

Hingga saat ini, Asprindo sudah memiliki keengurusan DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) di 34 provinsi, DPC di kota/kabupaten, para pengusaha diaspora di 34 kota di dunia, dan membina UMKM.

Sebagai asosiasi yang relatif masih muda, Asprindo sudah menunjukkan perkembangan signifikan.

"Saya menaruh harapan, asosiasi ini benar- benar bisa menjadi wadah bagi pengusaha pribumi dan UMKM untuk bisa naik kelas. Ya, presiden mendatang harus mendukung misi Asprindo,” harap Rizal Ramli.(*)

Tags:

Dr Rizal Ramli Asprindo Asosiasi Pengusaha Bumiputera Nusantara Indonesia Jose Rizal Pilpres 2024