Rony Candra: Mengembangkan Wisata di Indonesia Adalah Panggilan Jiwa Saya

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

28 Januari 2024 16:33 28 Jan 2024 16:33

Thumbnail Rony Candra: Mengembangkan Wisata di Indonesia Adalah Panggilan Jiwa Saya Watermark Ketik
DPD ISSITA Jatim, Rony Candra saat menyampaikan sambutan usai pelantikan. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Rony Candra baru saja dilantik sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Indonesian Sport and Special Interest Tourism Assosoation (ISSITA) Jawa Timur pada Minggu (28/1/2024).

Pria ini sebelumnya lebih dikenal sebagai seorang business man. Ia memiliki toko retail gadget, elektronik, & aksesoris yang diberi nama Asia Jaya Grup. Rony juga memiliki ketertarikan memajukan perekonomian Indonesia khususnya di bidang pariwisata. 

Ia juga melihat potensi wisata olahraga dan wisata minat khusus yang besar untuk mendongkrak perekonomian melalui sistem kolaborasi. Berangkat dari hal tersebut, ia terpanggil untuk ikut memberikan kontribusi dengan bergabung di ISSITA.

"Jadi berangkat dari pandemi dulu itu sangat memukul perekonomian. Disatu sisi saya melihat wisata olahraga ini belum digarap dengan baik, padahal potensinya sangat besar. Dari situlah akhirnya saya terpanggil untuk berkontribusi," jelasnya saat ditemui usai pelantikan di Oakwood Hotel & Residence, Minggu (28/1/2024).

Pria asal Surabaya ini menegaskan komitmennya sebagai warga negara yang baik dirinya ingin memberikan aksi nyata memajukan wisata olahraga dan wisata minat khusus dengan menggandeng beragam pihak mulai dari UMKM, Kuliner hingga kesenian.

"Jadi kelemahan di kita ini semua sektor bergerak sendiri. Ibarat habis event olahraga selesai ya udah. Padahal jika bisa dimaksimalkan kita bisa gandeng UMKM untuk oleh oleh. Jadi atlet itu habis tanding bisa belanja, inikan bisa mendongkrak ekonomi," tegasnya.

Ia pun akhirnya membentuk tim untuk FPD ISSITA Jawa Timur yang terdiri dari beragam latar belakang mulai dari olahraga, enterpreneur, hingga bidang seni. Nantinya mereka akan bekerja menggali dan mengembangkan potensi wisata olahraga dan wisata minat khusus di Jawa Timur agar semakin berkembang.

"Jadi selain bekerja kita juga belajar, apa yang menjadi ketertinggalan kita. Dari proses pembelajaran tersebut kita evaluasi untuk dicarikan solusi yang membuat kita jadi lebih baik," pungkasnya.(*)

Tags:

ISSITA DPD ISSITA Jawa Timur Rony Candra wisata olahraga Wisata Minat khusus Kontribusi Ekonomi UMKM