RSUD dr Darsono Pacitan Hadirkan Inovasi, Informasi Gizi Anak Semudah Jentikan Jari

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Muhammad Faizin

9 Juli 2024 08:14 9 Jul 2024 08:14

Thumbnail RSUD dr Darsono Pacitan Hadirkan Inovasi, Informasi Gizi Anak Semudah Jentikan Jari Watermark Ketik
Tampilan User Interface (UI) aplikasi Agiz Anak Pinter saat di operasikan oleh pengguna. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Baru-baru ini, RSUD dr Darsono Pacitan, Jawa Timur meluncurkan aplikasi bernama Agiz Anak Pinter. Sebuah aplikasi berbasis Android yang inovatif guna membantu masyarakat dalam memantau perkembangan gizi.

Direktur RSUD dr Darsono Pacitan, dr. Iman Darmawan, mengatakan hadirnya aplikasi ini sebagai solusi modern khususnya orang tua yang bingung soal permasalahan gizi anak di era digital ini.

“Aplikasi ini merupakan inovasi yang kami tawarkan untuk membantu masyarakat, terutama pasien dan keluarga, dalam memantau gizi anak mereka dengan mudah dan praktis. Semudah jentikan jari,” paparnya kepada Ketik.co.id, Selasa (9/7/2024).

Direktur Iman mengatakan, adanya Agiz ini diharapkan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat melalui kemudahan akses informasi, literasi maupun pengetahuan.

"Informasi soal edukasi gizi ini penting buat keluarga. Alasan timbulnya berbagai komplikasi atau penyakit yang berbahaya bagi kesehatan salah satunya adalah karena kurangnya pengetahuan," ungkapnya.

Fitur Utama Aplikasi Agiz Anak Pinter

Sedikitnya, ada tujuh fitur utama Agiz yang bermanfaat buat pengguna, diantaranya:

  1. Edukasi Gizi: Melalui fitur ini, pengguna bisa mendapatkan informasi edukasi gizi yang lengkap dan mudah dipahami dari para ahli gizi RSUD dr. Darsono Pacitan.
  2. Deteksi Gizi: Fitur ini digunakan untuk memindai makanan atau bahan makanan dengan menggunakan kamera. Agiz selanjutnya akan menampilkan kandungan gizinya, termasuk kalori, lemak, karbohidrat, protein, dan lainnya.
  3. Perhitungan Status Gizi Anak: Fitur ini berfungsi menghitung status gizi anak berdasarkan usia, berat badan, dan tinggi badan.
  4. Perhitungan Kebutuhan Gizi Anak: Fitur ini berfungsi untuk menghitung kebutuhan energi, protein, lemak, dan karbohidrat anak berdasarkan usia dan jenis kelamin.
  5. Konsultasi Gizi Online: Pengguna dapat berkonsultasi dengan ahli gizi RSUD dr. Darsono Pacitan melalui aplikasi, untuk kemudian diteruskan secara online ke WhatsApp untuk mendapatkan jawaban.
  6. Informasi Gizi Masyarakat: Fitur ini guna memberikan informasi terbaru tentang gizi anak.
  7. Games Edukasi: Pengguna dapat bermain quiz edukasi tentang kesehatan anak di dalam aplikasi Agiz.

Penggunaan aplikasi Agiz sangat mudah dan simpel, hanya dengan sekali sentuh dan beberapa langkah ketik, kebutuhan informasi terkait gizi anak bakal terlayani.

"Salah satu yang menarik adalah dengan fitur deteksi gizi dapat memindai kandungan gizi makanan," terangnya. 

Sementara itu, Humas dan MPP RSUD dr. Darsono Pacitan, Sunaryon menambahkan bahwa aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur survei kepuasan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna. 

“Kami berharap aplikasi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan membantu meningkatkan kesehatan gizi anak di Kabupaten Pacitan,” sambung Sunaryon. 

Sekadar informasi, aplikasi Agiz Anak Pinter ini merupakan inovasi yang diajukan RSUD dr. Darsono untuk mengikuti Pacitan Inovasi Award (PIA) masa mendatang.

Aplikasi Agiz Anak Pinter dapat diunduh secara gratis di Google Play Store pada gawai canggih masyarakat. (*)

Tombol Google News

Tags:

RSUD dr Darsono Pacitan pacitan Inovasi Agiz Anak Pinter