Sambut Idul Adha, Luminor Hotel Sajikan Menu Istimewa

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

27 Juni 2023 15:02 27 Jun 2023 15:02

Thumbnail Sambut Idul Adha, Luminor Hotel Sajikan Menu Istimewa Watermark Ketik
Executive Chef Luminor Hotel Jemursari Surabaya, Sukismanto, Selasa (27/6/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Hari Raya Idul Adha tinggal menghitung hari. Pada momen ini biasanya rumah akan dipenuhi oleh aneka sajian daging kurban. Seperti sapi, kambing, dan kerbau.

Biasanya daging kurban akan diolah menjadi gule, sate, rendang hingga krengsengan. Namun bagi anda yang bosan dengan menu tersebut mungkin dapat mencoba inspirasi sajian ini.

Untuk menyambut Hari Raya Idul Adha, Luminor Hotel Jemursari Surabaya menghadirkan menu unik yang dapat anda buat di rumah. Menu ini terbuat dari daging kambing yang menggunakan berbagai bahan tradisional dipadu dengan sedikit sentuhan moderen.

Executive Chef Luminor Hotel Jemursari Surabaya, Sukismanto menjelaskan menu yang diberi nama Lamb Ribs Skewer with Rock Peanut Sauce ini basicnya terbuat dari daging kambing yang di panggang dengan bumbu halus dan dipadu dengan saus kacang.

Adapun proses memasaknya yakni daging iga kambing dicuci bersih kemudian dipotong-potong lalu direbus hingga empuk. 

Kemudian haluskan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan kemiri. Bumbu yang sudah dihaluskan kemudian ditumis bersamaan dengan kelapa parut hingga wangi dan warnanya berubah agak sedikit kecoklatan. 

Foto Lamb Ribs Skewer with Rock Peanut Sauce, Selasa (27/6/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Lamb Ribs Skewer with Rock Peanut Sauce, Selasa (27/6/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

Sisihkan sebagian bumbu kelapa untuk ditumis bersama dengan nasi sebagai pelengkap. Langkah selanjutnya, masukkan daging yang sudah direbus ke dalam bumbu kelapa hingga bumbu kelapa meresap ke dalam daging. 

Setelah matang kemudian sisihkan dan tusuk daging iga kambing menggunakan tusuk bambu dan panggang di atas pan hingga warnanya berubah menjadi coklat gelap dan mengeluarkan aroma bakaran yang nikmat. 

Berikutnya, sisa bumbu kelapa tadi ditumis bersama dengan nasi hingga aroma dan teksturnya seperti menjadi nasi goreng. Lalu, untuk membuat saus kacangnya dengan cara menghaluskan kacang tanah, cabe rawit, cabe merah besar, bawang merah dan bawang putih. 

Saus kacang yang sudah halus, ditumis di wajan hingga harum dan kecoklatan. Setelah semua bahan makanan matang, makanan sudah siap untuk ditata dengan cantik di atas piring. 

"Bumbu yang digunakan adalah bumbu dapur yang biasa kita jumpai dirumah. Sedangkan untuk dagingnya jika tidak ada iga bisa menggunakan daging kambing bagian lainnya," jelas Sukismanto.

Sedangkan untuk tambahan dan memberikan sentuhan moderen, jangan lupa untuk memberikan potongan keju mozarella di atas daging kambing. Kemudian dibakar dengan torch hingga keju meleleh.

Salah satu pelanggan, Esmeralda menuturkan rasa dari masakan ini cukup unik, perpaduan dari daging kambing yang empuk dipadu dengan bumbu tradisional nya yang khas. Selain itu lelehan keju mozarella di atas daging memberikan cita rasa moderen yang berpadu apik tanpa menghilangkan rasa aslinya.

"Dagingnya ini empuk, dan karena tadi sempet digrill sebentar jadi ada aroma smokeynya. Dipadu dengan keju mozarella nya yang memberikan sensasi creamy di mulut," tutur Esmeralda.

Bagi Anda yang tertarik untuk mencicipi menu ini bisa membuat sendiri di rumah atau datang langsung ke Luminor Hotel Jemursari Surabaya. Menu ini akan tersedia pada 29 Juni 2023 di Breakfast Rice & Shine mulai dari pukul 06.00 – 10.00 WIB.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kuliner Idul adha Luminor Hotel Jemursari Surabaya Lamb Ribs Skewer with Rock Peanut Sauce daging kambing