Scientia Judith, Runner Up 3 Puteri Indonesia Jatim 2024, Ajak Milenial Percaya Diri

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: M. Rifat

5 Desember 2023 02:53 5 Des 2023 02:53

Thumbnail Scientia Judith, Runner Up 3 Puteri Indonesia Jatim 2024, Ajak Milenial Percaya Diri Watermark Ketik
Scientia Judith, Runner Up 3 Puteri Indonesia Jatim 2024 (Foto: dok. pribadi)

KETIK, BATU – Runner Up 3 Puteri Indonesia Jatim 2024 Scientia Judith Hitipeuw, akrab disapa sebagai Judith, gadis cantik asal Kota Batu, mengajak masyarakat khususnya milenial untuk selalu tampil percaya diri.

Pemilik akun media sosial Instagram @scientiajudith dan akun portofolio @scjudith_ memiliki advokasi yang dia jalankan dengan nama #DareToSpeak dan #JudithJustDoIt. Fokusnya adalah anak usia dini, wanita, anak TK, dan anak panti asuhan.

"Dengan advokasi tersebut saya mengamati anak-anak di Indonesia terutamanya yang masih kecil-kecil, mereka kurang percaya diri dengan kemampuan dan kapasitas yang mereka miliki, sehingga kurang bisa menunjukkan diri, malu berekspresi, kurang menyuarakan ide-ide pendapat mereka. Padahal anak-anak usia dini punya tingkat imajinatif yang tinggi," kata Judith pada media online nasional Ketik.co.id, Selasa (05/12/2023).

Kemudian ia throw back ke masa kecil yang malu-malu juga dan pernah berada di titik tersebut. Bahkan merasa suaranya tidak pernah dianggap sama sekali, karena merasa hanya seorang anak kecil. Bahkan sekadar bertanya toiletnya di mana ketika di rumah makan pun gak berani.

"Tapi syukurnya, saya sudah keluar dari titik itu. Dari pengamatan yang sekarang, saya merasa perlu membantu Judith-Judith kecil yang sedang dan masih di titik tersebut, supaya mereka percaya diri dan bisa bersuara mengekspresikan diri, tapi dengan unggah ungguh, sopan santun dan etika yang benar," ujarnya.

Selain itu, Judith yang lulusan Sarjana Sastra Ma Chung University menyatakan, critical thinking mereka juga perlu dibangun. Jadi mulai diberikan dari pertanyaan sederhana mengenai pendapat warna favorit contohnya. Kenapa mereka suka, apa alasannya. Cara menjawabnya dengan unggah-ungguh yang benar, critical thinking terbangun, sehingga ekspresi percaya dirinya juga keluar.

"Setelah itu, rasa percaya diri mereka bertumbuh dan kesopanan serta respect juga imbang dengan ekpresi yang dikeluarkan," imbuh Judith yang bekerja sebagai Master of Ceremony serta memiliki hobi travelling dan berenang.

Secara khusus, dirinya berharap anak-anak muda Indonesia bisa berekspresi dengan leluasa, mengeluarkan ide-ide untuk masa depan mereka sendiri dan juga menjadi tombak Indonesia Emas 2045 dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai ciri khas unggah-ungguh Indonesia.

"Selagi muda, yuk explore semua hal yang kamu pengen coba dan lakukan. Dimulai dari hal sederhana yaitu mengutarakan pendapat dan opini yang ada dikepala, kemudian Just Do It semua cita-cita dan pengalaman yang ingin dikejar. Selagi masih mudah dan selagi ada waktu. Jangan sampai menyesal dikemudian hari, karena belum puas untuk explore banyak hal dan mengembangkan diri," tutupnya.

Sebagai tambahan informasi, prestasi membanggakan yang pernah diraih oleh Judith yaitu:
1. Paskibraka Kota Batu 2016
2. 1st Runner Up Ma Chung Ambassador 2020
3. 1st Runner Up Joko Roro - Duta Wisata Kabupaten Malang 2021
4. Runner Up 3 Puteri Indonesia Jatim 2024. (*)

Tombol Google News

Tags:

Scientia Judith Runner Up 3 Puteri Indonesia Jatim 2024 MILENIAL Percaya diri