Sedang Digemari, Minuman Kolagen Ternyata Bisa Sebabkan Depresi dan Mudah Marah

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

29 Maret 2024 03:15 29 Mar 2024 03:15

Thumbnail Sedang Digemari, Minuman Kolagen Ternyata Bisa Sebabkan Depresi dan Mudah Marah Watermark Ketik
Ilustrasi minuman kolagen. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Belakangan ini banyak beredar minuman kolagen di pasaran yang menawarkan beragam manfaat. Salah satu manfaat yang santer dipromosikan adalah bisa menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit. 

Minuman ini sendiri cukup banyak peminatnya terutama bagi kaum hawa. Bagi kaum hawa memiliki kulit yang cantik dan indah merupakan impian untuk meningkatkan rasa percaya diri saat bersosialisasi dengan banyak orang.

Kolagen sebenarnya bisa diproduksi oleh tubuh secara alami. Akan tetapi seiring bertambahnya usia kadar kolagen yang diproduksi tubuh akan berkurang. Oleh sebab itu manusia membutuhkan tambahan asupan kolagen dari makanan.

Dilansir dari kanal YouTube Klinik Mutiara Cikutra, dr. Rinesha Larasati mengatakan kolagen berfungsi untuk regenerasi kulit, jaringan ikat, dan juga sendi-sendi yang telah mengalami penuaan. Maka tak heran, kenapa banyak wanita yang sudah lebih dari 25 tahun gemar untuk mengkonsumsi minuman kolagen demi bisa tampil tetap awet muda.

"Seiring bertambahnya usia terutama kalau misalnya kita sudah lewat dari usia 25 tahun ada penurunan produksi kolagen di dalam tubuh yaitu sekitar 1,5 persen setiap tahunnya,” jelasnya.

Lebih lanjut, walaupun anda tetap harus berhati-hati dalam mengkonsumsi minuman kolagen, karena hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan manfaat dari minuman kolagen.

“Tetapi sampai sekarang penelitian terkait konsumsi atau minuman kolagen ini memang penelitiannya masih minimal dan masih sedikit. Sehingga keefektifan minuman kolagen masih dipertanyakan," tambahnya.

Tidak berhenti sampai disitu, diketahui dalam minuman kolagen banyak ditemukan juga kandungan zat triptofan. Kandungan ini bisa menurunkan hormon serotonin, penurunan hormon ini bisa menimbulkan perasaan mudah marah, depresi, cemas, dan gugup.

"Karena ternyata ada kandungan yang namanya Triptofan. Kandungan ini bisa menurunkan hormon serotonin yang ada didalam tubuh seseorang,” pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Minuman Kolagen nutrisi hormon serotonin Depresi Mudah marah