Sedang Viral, Inilah Pandangan Sejumlah Ulama Terkait Cek Khodam

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

26 Juni 2024 23:00 26 Jun 2024 23:00

Thumbnail Sedang Viral, Inilah Pandangan Sejumlah Ulama Terkait Cek Khodam Watermark Ketik
Tangkapan layar TikTok. (Foto: Akun TikTok Cek Khodam Online)

KETIK, JAKARTA – Belakangan ini dunia maya khususnya media sosial TikTok tengah menjadi sorotan, pasal banyak konten cek khodam yang bertebaran di aplikasi besutan Tiongkok tersebut.

Khodam sendiri berasal dari kata bahasa Arab 'Khodim' yang berarti membantu. Dalam hal ini yang membantu adalah jin khodam yang berasal dari Jin Qarin dan golongan jin murni.

Perlu diketahui, terdapat banyak jenis jin. Salah satu yang bertugas mendampingi manusia disebut Jin Qarin. Ada pula jin yang berperan membantu manusia, yaitu Jin Khodam.

Menyikapi hal ini sejumlah ulama memberikan pendapat bagaimana hukum memelihara khodam atau jin dalam islam. Sebagian besar ulama tersebut berpendapat bahwa berhubungan dengan Khodam atau jin sangat berbahaya. 

K.H. Ahmad Bahauddin Nursalim atau yang akrab disapa Gus Baha mengatakan manusia jangan merasa bangga bila berhubungan dengan jin. Berhubungan dengan jin bisa dibilang cukup berisiko karena akan membawa pada dosa syirik, hal yang sama juga berlaku saat percaya dengan ramalan khodam.

"Mimpin jin itu repot, makanya kyai berpesan meskipun kamu alim tapi tapi kalau punya Khodam jin mending jangan! ," jelas Gus Baha.

"Karena biar bagaimanapun jin itu tetap curang. Ojo, jin itu tetap ngakali (Jangan, jin itu bisa menipu manusia),"imbuhnya.

Lebih lanjut, hal serupa juga diutarakan oleh Ustaz Adi Hidayat (UAH) menurut pandangannya dalam al-quran sudah dijelaskan jika manusia harus menjauhi jin, seperti yang tertuang di Quran Surat 72, Al-Jinn, ayat 6.

"Dalam surat itu bercerita Ada sekelompok manusia yang meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki dari (kalangan) jin. Namun jin justru menjadikan mereka (manusia) bertambah sengsara dan sesat," tambahnya.

"Ingat betul ya, kalau ada orang meminta bantuan kepada jin, awas! Kata Quran, jin itu tidak memberikan solusi, hanya mengundang masalah," sambungnya.

Sebagai mahkluk gaib jin dan manusia hidup dalam dimensi yang berbeda. Oleh sebab itu sudah seharusnya manusia dan jin hidup secara terpisah dan tidak saling berhubungan.

Allah menempatkan manusia dan jin di alam yang berbeda, hal ini tentu memiliki tujuan karena manusia dan jin memiliki sifat yang berbeda, oleh sebab itu tidak seharusnya berinteraksi satu sama lain.

"Salah satunya ingin menjelaskan bahwa alamnya beda, sifatnya beda. Jadi tidak bisa, Anda mengundang jin dari alam beda untuk menyelesaikan masalah Anda. Itu bisa menjadi masalah nantinya,"pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

viral Cek Khodam Online TikTok Jin Khodam Gus Baha Islam Sesat ramalan