Sedih, 19 Ribu Warga Mengungsi Akibat Banjir Aceh 

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Irwansyah

23 Januari 2023 08:38 23 Jan 2023 08:38

Thumbnail Sedih, 19 Ribu Warga Mengungsi Akibat Banjir Aceh  Watermark Ketik
Banjir yang merendam di Pidie Jaya. (Foto: BPBD Kabupaten Pidie) 

KETIK, BANDA ACEH – Sejumlah wilayah di Provinsi Aceh sebelah utara dilanda banjir pada akhir minggu pertama Januari 2023. Genangan tak dapat dihindari setelah hujan lebat mengguyur beberapa Kabupaten Aceh Utara, Aceh Timur, Pidie, Aceh Tamiang, Pidie Jaya dan Bireuen, Minggu (22/1/23). 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat melaporkan potensi adanya peningkatan tinggi muka air. Pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk upaya penanganan darurat, seperti kaji cepat dan kesiapsiagaan untuk evakuasi warga. 

Pengungsi terbanyak akibat banjir yaitu di Bireuen sebanyak 7.106 orang, Aceh Utara 5.415 orang dan Pidie 3.696 jiwa. Warga rata-rata mengungsi ke meunasah, rumah kerabat atau tempat lebih tinggi lainnya. 

Selain merendam rumah warga, banjir juga merendam sejumlah fasilitas umum, sawah dan perkebunuhan. Ratusan hektar lahan pertanian di Aceh Tamiang dilaporkan rusak. Selain itu, 30 rumah di Kecamatan Karang Baru, Aceh Tamiang mengalami rusak ringan. 

Selain merendam rumah warga, banjir juga merendam sejumlah fasilitas umum, sawah dan perkebunuhan. Ratusan hektar lahan pertanian di Aceh Tamiang dilaporkan rusak. Selain itu, 30 rumah di Kecamatan Karang Baru, Aceh Tamiang mengalami rusak ringan. (*)

Tombol Google News

Tags:

Aceh banjir Pidie Jaya bpbd Hujan lebat