Sekda Mirfano Mengundurkan Diri, Bupati Jember Tunjuk Arief Tyahyono 

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Irwansyah

17 September 2022 02:27 17 Sep 2022 02:27

Thumbnail Sekda Mirfano Mengundurkan Diri, Bupati Jember Tunjuk Arief Tyahyono  Watermark Ketik
Arief Tyahyono . (Foto: Pemkab Jember ) 

KETIK, JEMBER – Sekretaris daerah (Sekda) Jember Mirfano mengajukan pengunduran diri dari jabatannya kepada Bupati Jember. Alasannya, jelang 6 bulan dirinya memasuki masa persiapan pensiun (MPP). 

Dikonfirmasi, Mirfano enggan menyampaikan secara terbuka. Dia hanya berdalih capek dengan jabatan yang disandangnya saat ini sebagai Sekda Jember. 

“Ya wis kesel, capek juga lah. Kan sudah 5 tahun jadi Sekda. Ya kan juga mendekati masa pensiun. Kan jadi haknya PNS. Mintanya (saya) segera MPP. Intinya ingin istirahat. Jangan diarah-arahkan ke politik lah,” kata Mirfano, Jumat (16/9/2022) 

Diungkapkan juga oleh Bupati Hendy Siswanto menurutnya, usia Mirfano memang sudah memasuki Masa Persiapan Pensiun (MPP) sejak 8 bulan lalu, sehingga berhak mengajukan MPP alias pensiun dari jabatannya. 

“Beliau kurang 4 bulan lagi pensiun, sebenarnya mengajukan (pensiun) 8 bulan lalu juga boleh, tapi beliau baru mengajukan hari ini,” ujar Bupati 

Selanjutnya hari ini juga, Bupati Hendy langsung menunjuk Arief Tyahyono untuk menggantikan kursi yang ditinggalkan Mirfano dengan status pelaksana tugas (Plt) agar posisi tersebut tidak vakum. 

“Harus ada Plt, langsung. Itu wajib. Kalau tidak, sopo sing nyambut gawe (siapa yang akan bekerja),” jelasnya. 

Foto Kebersamaan Arief Tyahyono dengan Bupati Jember. (Foto: Pemkab Jember)Kebersamaan Arief Tyahyono dengan Bupati Jember. (Foto: Pemkab Jember)

Bupati Hendy menegaskan, surat keputusan pengangkatan Plt. Sekda langsung dikirim ke Gubernur Jawa Timur karena prosedurnya memang seperti itu, harus ada pemberitahuan. 

Terkait dengan alasan memilih Arief Tyahyono, Bupati Hendy menilai bahwa Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu  Jember itu, cukup berpengalaman dengan menduduki sejumlah posisi kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 

“Kalau nanti tidak cocok, ganti lagi,” kelakarnya sambil meninggalkan para awak  media. 

Sementara Arief Tyahyono hanya ngeloyor bersama Bupati Hendy saat mau dimintai komentarnya oleh awak media. 

“Wes-wes, gak usah,” timpalnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Sekda Jember Bupati Jember