Selain Bumbu Masak, Inilah Manfaat Lain Garam untuk Kesehatan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

23 Oktober 2023 23:00 23 Okt 2023 23:00

Thumbnail Selain Bumbu Masak, Inilah Manfaat Lain Garam untuk Kesehatan Watermark Ketik
Ilustrasi Garam. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Garam adalah bumbu yang pasti selalu ada di dapur, fungsi garam sendiri memberikan rasa asin pada masakan. Garam didapat melalui penguapan air laut yang biasanya dilakukan ditambak.

Garam mengandung banyak mineral penting yang butuhkan oleh tubuh. Terdapat dua jenis garam yakni garam meja dan garam laut. Keduanya sama sama terbuat dari air laut yang diuapkan. 

Namun perbedaan terdapat pada tahapan pengolahannya. Garam laut didapat dari air laut dengan proses yang sederhana sehingga masih banyak mineral yang terdapat di dalamnya, sedangkan garam meja diolah dengan banyak tahapan sehingga menghasilkan butiran garam yang halus dan bersih namun juga menghilangkan beberapa kandungan mineralnya.

Garam laut dan garam meja memiliki kandungan yang hampir sama dan beberapa kelebihan masing masing.

Beberapa mineral baik yang terkandung dalam garam laut antara lain natrium, kalium, kalsium, magnesium, bromida, klorida, zat besi, tembaga, dan seng.

Dilansir dari Organic Facts, berikut ini 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan dari garam laut.

1. Sebagai perawatan kulit

Berendam pada larutan yang diberi garam laut dipercaya dapat merawat kesehatan kulit karena kandungan mineralnya. Mineral yang terdapat pada garam laut dipercaya mampu membantu meringankan beberapa masalah kulit seperti kulit kering, eczema, bahkan psoriasis.

2. Menjaga kesehatan mulut

Hal ini sebenarnya bukan hal baru, sejak dahulu garam dipercaya dapat mengatasi permasahalan kulit seperti sakit gigi. Selain itu, berkumur dengan larutan air garam akan membersihkan mulut dari kotoran dan bakteri yang menempel, meringankan gusi berdarah, dan masalah lain.

3. Membantu memenuhi kebutuhan elektrolit

Elektrolit sangat penting untuk menjaga komposisi pada cairan tubuh dan sirkulasi darah. Oleh karenanya dibutuhkan elektrolit yang cukup agar tubuh dapat beraktivitas dengan maksimal. Mineral seperti kalium, kalsium, magnesium, dan natrium pada garam laut dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit.(*)

Tombol Google News

Tags:

Bumbu Masak garam Mineral kesehatan elektrolit