Sempat Vakum 4 Tahun, Masyarakat Tumpah Ruah di Car Free Day Perdana Kota Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

9 Juni 2024 03:53 9 Jun 2024 03:53

Thumbnail Sempat Vakum 4 Tahun, Masyarakat Tumpah Ruah di Car Free Day Perdana Kota Batu Watermark Ketik
Masyarakat tumpah ruah mengikuti senam pagi di Car Free Day di jalan Sultan Agung Kota Batu, Minggu (9/6/2024). (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Masyarakat tumpah ruah menikmati hari libur di Car Free Day (CFD) Jalan Sultan Agung Kota Batu, Minggu (9/6/2024). CFD Kota Batu yang sempat vakum 4 tahun itu berlangsung meriah. 

Pantauan Ketik.co.id, para pengunjung leluasa berolahraga maupun beraktivitas lainnya tanpa lalu lalang kendaraan bermotor.

Tampak di depan jalan menuju Stadion Brantas, pengunjung car free day diajak senam bersama instruktur di sebuah panggung kecil. Anak-anak, emak-emak, hingga lansia ikut larut berolahraga senam. 

Sebagian pengunjung ada yang sekadar jalan-jalan santai sambil mengawasi sang buah hati bermain di area bebas kendaraan bermotor tersebut. 

Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai bersama beberapa kepala OPD Pemkot Batu juga terlihat berbaur dengan masyarakat. Mereka ikut senam pagi diiringi musik dari instruktur.

"Ini baru pertama kali. Nanti kami akan lakukan evaluasi. Semua kreativitas masyarakat Kota Batu bisa dilakukan di sini," kata Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai.

Di area CFd, juga ada bazar kuliner yang sudah ditata di jalan menuju Stadion Brantas. Juga ada pedagang aksesoris, pakaian maupun oleh-oleh.

Aries berharap, melalui car free day  masyarakat Kota Batu lebih sehat.

"Kedua kami ingin menampung teman-teman PKL Kota Batu, seni budaya, kreativitas semuanya bisa ada di sini," tambahnya.

Melalui olah raga di car free day, kata Aries, masyarakat bisa lebih sehat, ekonomi bisa berjalan.

Hal itu juga untuk menepis kabar bahwa Pemerintah Kota Batu hanya bisa menertibkan PKL yang melanggar. "Tapi sekarang kami kasih wadah mereka (PKL) di car free day ini," sambungnya.

Aries menyebutkan, di hari pertama Car Free Day, total ada sekitar 80 PKL yang tertampung. Menurutnya, minggu depan apabila antusiasme tinggi, pihaknya akan menambah lagi PKL di ruas-ruas jalan.

Namun yang terpenting menurutnya, tidak mengganggu aktivitas jalan masyarakat yang ingin olahraga. 

"Prioritas PKL yang masuk ke car free day ini adalah PKL-PKL yang kami bersihkan dan tertibkan jadi prioritas masuk ke sini. Kapasitas maksimal untuk PKL banyak, sampai ratusan bisa. Tergantung animo masyarakat," jelas Aries.

Kendati demikian, Aries menegaskan, pihaknya akan mengevaluasi hari pertama digelarnya kembali car free day. Dikatakannya, Sekda Kota Batu akan memimpin langsung rapat evaluasi tersebut.

"Kalau ini sangat-sangat diinginkan oleh masyarakat maka kita akan perkuat lagi dengan memperbanyak kreativitas masyarakat yang ditampilkan. Seperti seni lukis, penampilan musik dan lain lain," urainya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Car Free Day Senam pagi jalan Sultan Agung Kota Batu PKL