Sepekan Jelang Pindahan, Pedagang Pasar Pagi Kota Batu Belum Dapat Informasi Resmi

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

29 April 2024 05:32 29 Apr 2024 05:32

Thumbnail Sepekan Jelang Pindahan, Pedagang Pasar Pagi Kota Batu Belum Dapat Informasi Resmi Watermark Ketik
Aktivitas perdagangan di Pasar pagi Stadion Brantas Kota Batu Jawa Timur. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Pasar Pagi di Stadion Brantas Kota Batu rencananya akan dipindah ke Pasar Induk Among Tani Kota Batu pada 6 Mei 2024. Namun, hingga Senin (29/4/2024), pedagang belum tampak melakukan persiapan.

Pedagang masih beraktivitas seperti biasa. Bahkan pedagang pun belum menerima pemberitahuan resmi dari pihak Pemkot Batu.

Seperti yang dinyatakan oleh Agus Sumaji, salah satu pedagang Pasar Pagi. Ia tidak tahu apa yang harus dipersiapkan karena tidak ada informasi dari Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kota Batu.

"Belum ada persiapan. Kita kan belum diberitahu soal pindah," katanya.

Agus mengatakan, dulu waktu pindahan dari Pasar Kota Batu ke Stadion Brantas satu bulan sebelumnya sudah diberitahu. Sehingga, pedagang bisa mempersiapkan.

"Harapannya kita bisa segera menempati Pasar Induk Among Tani. Karena kondisi Pasar Pagi sudah parah tidak layak," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, pedagang Pasar Pagi di Stadion Brantas Kota Batu dipindah ke Pasar Induk Among Tani, Kota Batu awal bulan Mei 2024. Sebanyak 1.057 Pedagang Kaki Lima (PKL) yang telah terverifikasi akan menempati sisi belakang Pasar Induk Among Tani.

Pj Wali Kota Batu Aries mengatakan, relokasi pedagang sangat mendesak, dikarenakan area stadion tersebut segera direvitalisasi untuk dijadikan kawasan olahraga. Terlebih, Kota Batu menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) 2025.

"Kami berharap dengan segera direlokasinya pedagang, maka kawasan Stadion Gelora Brantas akan bisa segera dikembalikan sesuai fungsi awal," katanya.

Aries menguraikan, setiap pedagang akan dibagi sesuai dengan zonasinya masing-masing di Pasar Induk Among Tani. Seperti zona pangan basah, pangan kering, siap saji dan non pangan.

Nantinya, pedagang disiapkan lincak seluas 1 x 1,8 meter dan sebagian pedagang akan mendapatkan los seluas 1 x 2 meter. "Sedangkan untuk jam operasional pedagang mulai pukul 22.00 hingga 07.00 WIB," tegasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu pasar pagi Pasar Induk Among Tani