Serba Vegan, Ini 5 Hidangan di Perayaan Waisak Negara Thailand

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

23 Mei 2024 08:49 23 Mei 2024 08:49

Thumbnail Serba Vegan, Ini 5 Hidangan di Perayaan Waisak Negara Thailand Watermark Ketik
Negara Thailand. (Foto: Voyage tips)

KETIK, SURABAYA – Perayaan Waisak di Thailand dikenal sebagai Visakha Bucha. Ini merupakan salah satu hari besar keagamaan terpenting bagi umat Buddha di negara tersebut.

Di Thailand hidangan khas perayaan Waisak mencakup hidangan vegetarian atau vegan yang disajikan sebagai bagian dari upacara penghormatan terhadap ajaran Buddha. Beberapa hidangan yang umum disajikan termasuk:

1. Pad Thai vegetarian: Mie goreng khas Thailand dengan sayuran segar seperti tauge, wortel, dan tahu, yang biasanya disajikan dengan saus manis asam dan kacang.

2. Som Tum (Salad Papaya Hijau): Salad segar yang terbuat dari papaya hijau, cabai, tomat, kacang tanah, dan kadang-kadang ditambahkan udang kering atau ikan teri, namun dalam versi vegetarian, bahan-bahan tersebut dihilangkan.

3. Tom Yum Sayuran: Sup pedas yang terkenal dengan campuran rasa pedas, asam, manis, dan asin, namun dalam versi vegetarian, biasanya tidak menggunakan daging atau seafood.

4. Sayur Lodeh: Masakan khas Thailand berupa sayuran yang dimasak dalam santan dengan campuran rempah-rempah.

5. Kue tradisional Thailand: Ada juga berbagai jenis kue tradisional Thailand yang bisa disajikan sebagai hidangan penutup, seperti kue klepon (mochi isi kelapa), kue putu (kue beras kukus), atau kue beras khas Thailand yang lainnya.

Ini hanya beberapa contoh hidangan yang bisa disajikan pada perayaan Waisak di Thailand, terutama yang vegetarian atau vegan untuk mematuhi prinsip-prinsip Buddha. (*)

Tombol Google News

Tags:

Waisak waisak di thailand buddha makanan waisak makanan vegan