Sesmenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso Turun Gunung Sukseskan Event MotoGP Mandalika di Mata Dunia

Jurnalis: Naufal Ardiansyah
Editor: Mustopa

21 September 2023 05:52 21 Sep 2023 05:52

Thumbnail Sesmenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso Turun Gunung Sukseskan Event MotoGP Mandalika di Mata Dunia Watermark Ketik
Sesmenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso saat memimpin rapat bersama persiapan event MotoGP Mandalika. (Foto: Dok. MGPA)

KETIK, JAKARTA – Sekretaris Kemenko Perekonomian RI Susiwijono Moegiarso memimpin rapat persiapan event MotoGP di Mandalika, Lombok yang akan digelar 13-15 Oktober 2023.

Rapat digelar di Jakarta pada Rabu (20/9/2023) yang diikuti oleh ITDC, MGPA, APLOG, Star Indonesia Motorsport dan Nora Jelajah Dunia.

Rapat koordinasi ini membahas persiapan dan pelaksanaan event MotoGP 2023 dalam Kawasan Ekonomi Khusus yang akan berlangsung di Indonesia.

Dalam sambutannya, Susiwijono Moegiarso menyampaikan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, pihak terkait, dan penyelenggara event MotoGP 2023 untuk memastikan keberhasilan dan kesuksesan event ini.

"Kita perlu menekankan dampak positif yang diharapkan dari event ini terhadap perekonomian nasional serta promosi pariwisata Indonesia di dunia internasional," kata Susiwijono.

Rapat ini menjadi wadah untuk mengkoordinasikan berbagai aspek penting terkait event MotoGP 2023, termasuk logistik, keamanan, promosi, infrastruktur, dan aspek importasi kedalam KEK.

Para pemangku kepentingan dari berbagai instansi pemerintah, sponsor, dan pihak terkait lainnya turut berpartisipasi aktif dalam berdiskusi dan memberikan masukan termasuk NORA yang akan menyelenggarakan event Mandalika Racing Experience dengan SR Series yang akan dikirim dari inggris ke Indonesia.

Dalam konteks persiapan event MotoGP 2023, pemerintah menekankan komitmen mereka untuk menjadikan event ini sebagai ajang yang aman, spektakuler, dan sukses.

"Upaya kolaborasi yang solid dan dukungan penuh dari semua pihak menjadi kunci kesuksesan dalam menggelar event ini dengan baik," jelasnya.

Untuk diketahui, kawasan Sirkuit Mandalika telah ditutup untuk publik demi menjaga dan memaksimalkan persiapan ajang balap motor paling bergengsi di dunia.

Direktur Utama MGPA Priandhi Satria, mengungkapkan penutupan sirkuit dari berbagai kegiatan komersial sejak dibuatkannya surat edaran.

Penutupan dilakukan untuk persiapan pemasangan tenda sekaligus booth di area paddock dan di area sirkuit dilakukan perbaikan serta perawatan sirkuit baik perawatan rumput, pembersihan pagar maupun pengecatan kerb yang sedang dilaksanakan.

"Penutupan sirkuit ini tidak termasuk untuk para pihak yang telah mendaftarkan diri untuk melakukan kegiatan di Pertamina Mandalika International Circuit seperti kedatangan Kementerian dan Lembaga beserta aparat - aparat lainnya untuk meninjau kesiapan sirkuit melakukan aktifitas ataupun komunitas yang sudah melakukan booking untuk menggunakan sirkuit," bebernya.

Atas nama MGPA, Direktur Utama MGPA menyampaikan permohonan maaf terhadap situasi penutupan sirkuit demi memperbaiki sirkuit agar ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023 dapat berlangsung dengan baik, meriah dan tentunya sebagai exposure Indonesia di mata dunia melalui berbagai liputan berita baik TV, online maupun berbagai media lainnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Susiwijono Moegiarso MotoGP Mandalika Sirkuit Mandalika Sesmenko Perekonomian Priandhi Satria