Shin Tae Yong Terima Hadiah Golden Visa dari Presiden Jokowi

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

25 Juli 2024 07:44 25 Jul 2024 07:44

Thumbnail Shin Tae Yong Terima Hadiah Golden Visa dari Presiden Jokowi Watermark Ketik
Shin Tae Yong menerima golden visa dari Presiden Joko Widodo. (Foto: Instagram @shintaeyong7777)

KETIK, JAKARTA – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong mendapatkan hadiah dari Presiden Joko Widodo berupa Golden Visa pada Kamis (25/7/2024).

Jokowi menyebut pertimbangan pemberian Golden Visa kepada STY tak lain karena pelatih asal Korea Selatan itu berjasa bagi Indonesia.

"Kita juga ingin global talent itu banyak masuk ke Indonesia dan berkarya dan memberikan manfaat kepada Negara kita," jelasnya di Jakarta dikutip dari Suara.com jaringan Ketik.co.id.

Jokowi pun memberikan alasan pertimbangan Shin Tae-yong mendapatkan fasilitas Golden Visa pertama itu.

Menurut Presiden, warga negara asing (WNA) yang mendapat fasilitas Golden Visa harus diseleksi dengan mempertimbangkan seberapa besar manfaatnya bagi Negara.

"Kita harapkan dapat memberikan manfaat nasional sebanyak-banyaknya diseleksi. Tadi saya tegaskan jangan sampai justru orang-orang yang tidak bermanfaat bagi negara kita masuk, enggak, harus diseleksi seketat mungkin," kata Presiden.

Penjelasan Golden Visa

Golden visa adalah jenis visa yang diberikan oleh suatu negara kepada individu asing yang melakukan investasi signifikan di negara tersebut.

Biasanya, investasi ini dapat berupa pembelian properti, investasi bisnis, atau kontribusi besar ke dalam sektor ekonomi tertentu.

Visa ini memberikan beberapa keuntungan bagi pemegangnya, seperti:

1. Izin tinggal yang panjang: Golden visa biasanya memberikan izin tinggal yang lebih lama dibandingkan visa biasa, bisa sampai beberapa tahun, dan sering kali dapat diperpanjang.

2. Akses ke kewarganegaraan: Beberapa negara memungkinkan pemegang golden visa untuk mengajukan kewarganegaraan setelah periode tertentu.

3. Akses pendidikan dan kesehatan: Pemegang golden visa sering kali mendapatkan akses ke fasilitas pendidikan dan kesehatan di negara tersebut.

4. Bebas visa ke negara lain: Beberapa golden visa memungkinkan pemegangnya untuk bepergian ke negara-negara lain tanpa memerlukan visa tambahan, terutama di kawasan Schengen di Eropa.

5. Manfaat pajak: Beberapa negara menawarkan insentif pajak untuk pemegang golden visa.

Negara-negara yang terkenal dengan program golden visa termasuk Portugal, Spanyol, Yunani, Malta, dan Uni Emirat Arab. Persyaratan dan manfaat dari program ini dapat bervariasi antara satu negara dengan yang lain. (*)

Tombol Google News

Tags:

shin tae-yong Golden Visa Presiden Joko Widodo Jokowi penjelasan Golden Visa