Sosok Randy Ngabalin Atlet Tinju yang Latih Fitness Boxing Banyak Pengusaha

Jurnalis: Sholeh
Editor: Marno

20 Agustus 2023 05:46 20 Agt 2023 05:46

Thumbnail Sosok Randy Ngabalin Atlet Tinju yang Latih Fitness Boxing Banyak Pengusaha Watermark Ketik
Randy Ngabalin (kaos putih) saat melatih fitness boxing di Taman Safari Prigen Pasuruan. (Foto: Kiagus Firdaus/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Randy Ngabalin adalah pelatih tinju atau boxing yang banyak melatih banyak pengusaha. Pria 28 tahun asal Desa Pendem Kecamatan Junrejo, Kota Batu tersebut melatih fitness boxing hingga 20 orang dalam satu bulan. 

Selain melatih fitness boxing, Randy juga aktif sebagai pelatih atlet tinju Kota Batu untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur 2023 di Sidoarjo. Tidak hanya itu, Randy hingga kini merupakan atlet tinju yang aktif mengikuti kejuaraan.

"Saya sampai sekarang masih atlet aktif. Saya memulai karir sebagai petinju mulai tahun 2010. Waktu itu, pada usia 15 itu langsung ikut kejuaraan-kejuaraan," katanya, Minggu (20/8/2023).

Pada 2010 tersebut, Randy berlatih tinju di d'Kross Boxing Camp Malang. Sambil terus berlatih, ia rajin mengikuti kejuaraan, baik Kejuaraan Daerah, Kejuaraan Provinsi bahkan kejuaraan Nasional. Pada 2014 Randy pindah latihan ke Sasana Alifuru Boxing Camp Kota Batu.

"Alifuru Boxing Camp yang mendirikan papa saya. Terus papa saya juga sebagai ketua penggerak Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Kota Batu," tambah pria juga terdaftar sebagai Sub Bidang Pembinaan Prestasi Pertina Kota Batu itu.

Randy sempat dipanggil untuk menjadi atlet tinju nasional pada SEA Games 2019 di Singapura. Namun sayang, ia mengalami cidera sebulan sebelum SEA Games berlangsung.

Cidera tersebut mengharuskan Randy menjalani operasi dan istirahat selama kurang lebih tiga bulan. Tepat satu bulan lalu, Randy juga mengikuti kualifikasi pra PON di Makassar.

"Setelah cidera sembuh saya kembali aktif hingga sekarang. Di tahun 2017, saya membangun sasana saya sendiri yakni RN Boxing Academy di Kota Batu. Disitu tidak hanya sasana, tetapi juga membawahi trainer trainer," jelasnya.

Dalam melatih fitness boxing pengusaha, Randy menerapkan Home Visit. Artinya, ia datang melatih ke rumah klien. Namun, ia menyarankan untuk berlatih di tempat terbuka apabila rumah klien tidak memiliki ruang yang memadai. 

Randy menyarankan beberapa tempat berlatih sesuai tempat tinggal klien. Ia menyarankan berlatih di Taman Merjosari untuk klien yang berada di sekitar Dinoyo. Taman Selamet untuk Klien sekitar Klojen dan Lapangan Rampal bagi klien sekitar Sawojajar.

"Kalau di Kota Batu bisa ke RN Academy. Atau kalau bosan bisa mencari ruang terbuka seperti di perumahan panorama," urainya.

Untuk informasi, Randy Ngabalin merupakan atlet tinju penuh prestasi. Ia  menyabet medali emas 12 kali dalam open turnamen dan 5 kali medali emas kejurprov. Tidak hanya itu, Randi juga membawa pulang 2 kali medali emas di Porprov Jatim, 1 perak di porprov jateng dan 1 perunggu porprov Jatim.

Randi juga meraih 1 medali perunggu di Kejuaraan Internasional Wapres Cup, 1 medali perunggu dan Perak di PraPOn. Sedangkan di Kejurnas, ia menyabet 1 medali emas, perak dan perunggu. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Tinju Fitness boxing Batu atlet Randy Ngabalin Boxing