Stadion Gelora Delta Dijadikan Standar FIFA, Gus Muhdlor: Pemkab Sudah Mempercantik Kawasan Stadion

Jurnalis: Fathur Roziq
Editor: Mustopa

11 Januari 2024 02:30 11 Jan 2024 02:30

Thumbnail Stadion Gelora Delta Dijadikan Standar FIFA, Gus Muhdlor: Pemkab Sudah Mempercantik Kawasan Stadion Watermark Ketik
Stadion Gelora Delta Sidoarjo difoto dari atas. Stadion kebanggaan Sidoarjo itu akan direvitalisasi untuk dijadikan berstandar internasional. (Foto: Dinas Kominfo Sidoarjo).

KETIK, SIDOARJO – Stadion Gelora Delta telah menjadi kebanggaan dan ikon Kabupaten Sidoarjo. Dibangun menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2000 lalu, Gelora Delta Sidoarjo akan dijadikan stadion sepak bola berstandar FIFA.

Kementerian PUPR akan merevitalisasi bagian-bagian penting stadion. Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor sangat bangga.

Survei, kajian, maupun perencanaan telah dilakukan. Pembangunan Gelora Delta itu akan dimulai pada akhir Januari 2024 ini. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah meninjau kondisi Gelora Delta beberapa kali sejak 2023 lalu.

Foto Gus Muhdlor (tengah) saat mengantar tim survei dari Kementerian PU di Gelora Delta pada Agustus 2023 lalu. (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)Gus Muhdlor (tengah) saat mengantar tim survei dari Kementerian PU di Gelora Delta pada Agustus 2023 lalu. (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)

Untuk memuluskan program tersebut, Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Sidoarjo sudah melakukan serah terima lapangan dan sosialisasi kepada Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman wilayah I Provinsi Jawa Timur.

Dipastikan, Stadion Gelora Delta akan memenuhi stadion FIFA bersama stadion-stadion lain di Indonesia.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali atau Gus Muhdlor mengaku senang dan bangga atas revitalisasi Gelora Delta Sidoarjo ini. Menjadi Gelora Delta sebagai stadion berstandar FIFA merupakan langkah positif untuk meningkatkan fasilitas olahraga di Kabupaten Sidoarjo.

”Renovasi ini diharapkan dapat memajukan sepak bola di Kota Delta. Juga meningkatkan daya tarik Sidoarjo sebagai tuan rumah berbagai acara olahraga ajang nasional maupun internasional,” kata Gus Muhdlor.

Gus Muhdlor menambahkan, Pemkab Sidoarjo telah melaksanakan berbagai program  untuk mempercantik kawasan Gelora Delta. Di antaranya, revitalisasi trotoar, pembangunan drainase, serta penghijauan di sekitar kawasan GOR.

Bagi Indonesia, lanjut Gus Muhdlor, Stadion Gelora Delta telah mengantarkan Tim Nasional untuk mengukir prestasi mengesankan. Misalnya, Timnas U-19 menjadi jawara turnamen Piala AFF U-19 pada 2013.

Timnas U-16 juga berhasil mempersembahkan gelar Piala AFF U-16 pada 2018. Stadion Gelora Delta membawa keberuntungan bagi Timnas Indonesia.

Gus Muhdlor sebelumnya juga menceritakan bagaimana Gelora Delta ini juga menjadi tempat gawe-gawe besar dan sukses. Pembukaan PON 2000 Jawa Timur, hajatan akbar peringatan Harlah Satu Abad NU pada 1444 H atau 7 Februari 2023 lalu, acara benar-benar sukses.

Pada Agustus 2023 lalu, tim survei dari Kementerian PUPR telah mengecek kondisi Stadion Gelora Delta. Mereka juga didampingi oleh Gus Muhdlor. Suryantara, salah satu petugas survei dari Kementerian PUPR mengatakan, timnya datang untuk melakukan survei penajaman, perencanaan, rehabilitasi, dan renovasi Stadion Gelora Delta.

Kepada tim survei, Gus Muhdlor juga memberikan masukan-masukan tentang kondisi Stadion Gelora Delta. Dari kondisi bangunan maupu fasilitas lainnya di stadion.

Survei itu merupakan tindak lanjut keputusan pemerintah pusat setelah terjadinya tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang. Dia berharap kerja sama dan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah selama perencanaan dan pelaksanaan renovasi.

Detail revitalisasi, antara lain, terkait dengan penambahan daya listrik dari genset untuk backup cadangan. Juga untuk lapangan diperlukan penambahan pompa air untuk penyiraman lapangan. Kursi penonton bakal dibuat single seat seperti stadion-stadion di negara lain.

”Keandalan bangunan, keselamatan, terutama bagi penonton menjadi perhatian utama kami,” tambah Suryantara.

Kabid Olahraga Disporapar Kabupaten Sidoarjo Drian Isa Yostofa mengatakan, pengerjaan akan dilakukan pada akhir Januari 2024. Targetnya rampung pada Agustus 2024.(*)

Tombol Google News

Tags:

Gelora Delta Gus Muhdlor sidoarjo Kementerian PUPR Disporabudpar Sidoarjo Sepak Bola Sidoarjo