Stadion Piala Dunia U-20 Bisa Dicoret jika Daerah tidak Siap

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Moch Khaesar

7 Maret 2023 10:01 7 Mar 2023 10:01

Thumbnail Stadion Piala Dunia U-20 Bisa Dicoret jika Daerah tidak Siap Watermark Ketik
Ketum PSSI Erick Thohir. (Foto: PSSI.org)

KETIK, JAKARTA – Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan FIFA memberikan sejumlah catatan terhadap enam stadion Piala Dunia U-20 2023. Hal ini dia sampaikan kepada media seusai rapat LOC (Local Organizing Committee) Piala Dunia 2023 terkait operation, safety dan security di GBK Arena Senayan, Jakarta, Senin (6/3).

"Sejak kemarin saya sudah melakukan rapat bersama LOC. Saya melihat update dari setiap divisi dan isu-isunya. Hari ini kami membahas terkait operation, safety dan security. Dari hasil rapat terkait operation, FIFA memberikan sejumlah catatan," kata Erick Thohir yang didampingi Wakil Ketua Umum Ratu Tisha.

Erick menjelaskan bahwa enam stadion yakni Gelora Bung Karno Jakarta, Manahan Solo, Gelora Bung Tomo, I Wayan Dipta Bali, Gelora Sriwijaya Palembang, dan Si Jalak Harupat akan diaudit atau dicek ulang oleh FIFA.

"Enam stadion dan empat lapangan di tiap kota ini akan dicek ulang oleh FIFA secara langsung pada tanggal 21 hingga 27 Maret mendatang. Ada catatan dari FIFA bahwa mereka bisa dan berhak mencoret enam stadion menjadi empat stadion dan juga lapangan latihan bisa dikurangi. Kita tidak ingin hal ini terjadi karena ada bagian kerja pemerintah pusat yang dihandle Kementerian PUPR dan juga peran sangat penting dari pemerintah daerah," tambahnya.

Dengan situasi seperti ini, Erick Thohir akan mengecek langsung seluruh stadion mulai akhir pekan ini.

"Sabtu, Minggu, Senin, nanti saya akan datangi enam stadion dan saya akan minta perwakilan dari LOC, FIFA, pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk turun bersama agar membenahi kekurangan stadion atau lapangan satu per satu. Masih ada waktu untuk memperbaiki dan ini menjadi komitmen dari kami, pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan LOC, " jelas Erick dilansir PSSI.org.(*)

Tags:

ketum Piala Dunia U-20 tuan rumah Erick Thohir PSSI Fifa