Tanda-Tanda Wawancara Kerjamu Menarik Hati Rekruter

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

14 September 2023 21:23 14 Sep 2023 21:23

Thumbnail Tanda-Tanda Wawancara Kerjamu Menarik Hati Rekruter Watermark Ketik
Proses negosisasi. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Bagi kamu para pencari kerja,  panggilan interview merupakan saat yang paling ditunggu sekaligus paling mendebarkan. Melalui tahapan ini, HRD akan menggali lebih dalam mengenai dirimu. Saat itu,  kamu  dituntut mampu memberikan jawaban memuaskan agar dapat diterima.

Oleh sebab itu, banyak orang berusaha berlatih dengan menjawab beberapa pertanyaan yang sering muncul pada sesi wawancara.

Setelah sesi wawancara selesai, kamu bertanya tanya apakah diterima bekerja atau malah sebaliknya.

Hanya ada beberapa cara yang dapat diandalkan untuk mengetahui apakah kamu mendapatkan tawaran pekerjaan setelah wawancara, sebagaimana dikutip dari Career Sidekick.

Hal-hal di bawah ini adalah tanda-tanda penting bahwa kamu mungkin akan menerima tawaran pekerjaan!

1. Mereka meminta kamu memeriksa referensi

Biasanya, ketika pemberi kerja meminta untuk menelepon referensi kamu, itu pertanda mereka tertarik untuk menawarkan pekerjaan kepada kamu. Tapi itu terjadi hanya setelah wawancara langsung!

Jika mereka bertanya pada panggilan pertama, atau jika perekrut bertanya sebelum kamu melakukan wawancara, itu hanya pertanda bahwa mereka hanya ingin melakukan formalitas.

Dan jika perekrut meminta referensi di awal, disarankan untuk mengatakan kepada mereka bahwa kamu lebih suka menunggu sampai kamu tahu bahwa perusahaan tersebut tertarik. Hal itu untuk menyelamatkan referensi kamu dari menerima begitu banyak panggilan telepon.

2. Mereka bertanya apakah kamu ada proses rekrutmen lain

Jika pertanyaan ini ditanyakan saat awal wawancara bisa jadi ini hanya sekedar formalitas. Namun berbeda jika pertanyaan ini ditanyakan saat kamu sudah melalui proses wawancara kedua atau ketiga.

Atau kamu pulang ke rumah setelah wawancara dan kemudian mereka menghubungimu untuk menanyakan apakah kamu ada wawancara lain atau sedang menunggu tawaran pekerjaan lain. Hal ini adalah pertanda baik bahwa mereka setidaknya berpikir untuk menawari kamu posisi tersebut.

Ini adalah salah satu tanda utama bahwa kamu akan mendapatkan pekerjaan, setelah wawancara. Karena jika mereka tidak ingin mempekerjakan kamu, mereka tidak akan peduli dengan pemberi kerja lain yang kamu ajak bicara.

3. Mereka bertanya tentang tawaran gaji setelah wawancara

Jika ini terjadi dalam wawancara telepon atau panggilan awal dengan perekrut, ini bukan pertanda bahwa kamu akan mendapatkan pekerjaan. Itu hanya berarti bahwa mereka suka bertanya tentang gaji sejak awal dan mereka mungkin bertanya kepada semua orang.

Namun berbeda jika pertanyaan ini muncul di akhir wawancara langsung, atau lebih baik lagi percakapan terpisah di mana perekrut atau manajer perekrutan menghubungi kembali untuk mendiskusikan gaji kamu setelah bertemu.

4. Perusahaan menghapus daftar lowongan kerja

Jika kamu sedang wawancara sebuah posisi dan kamu melihat lowongan tersebut tidak lagi di-posting secara online, atau pada daftar lowongan tertulis tidak lagi menerima pelamar, maka ini adalah tanda bahwa kamu mungkin akan segera mendapatkan tawaran pekerjaan. Namun, ini juga bisa menjadi pertanda bahwa mereka juga menawarkan pekerjaan tersebut kepada orang lain.

Secara keseluruhan ini adalah tanda positif karena ini berarti mereka tidak mencari kandidat baru, namun pemberi kerja biasanya mewawancarai banyak orang untuk setiap pekerjaan, jadi ini bukan jaminan.(*)

Tombol Google News

Tags:

tips wawancara kerja Referensi rekruter tanda positif