Tangki BBM Pertamina Tuban Bocor, Pertalite Merembes ke Jalan hingga Lahan Warga

Jurnalis: Ahmad Istihar
Editor: M. Rifat

10 Juni 2024 03:55 10 Jun 2024 03:55

Thumbnail Tangki BBM Pertamina Tuban Bocor, Pertalite Merembes ke Jalan hingga Lahan Warga Watermark Ketik
Kades Tasikharjo Damuri bersama warga di tenda pengungsian akibat kebocoran tangki Terminal Bahan Bakar Minyak PT Pertamina di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban (10/06/2024) (Foto: Ahmad Istihar/Ketik.co.id)

KETIK, TUBAN – Kebocoran diduga terjadi pada tangki Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) PT Pertamina di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Senin dini hari (10/6/2024).

Kejadian ini mengakibatkan BBM jenis pertalite merembes hingga ke jalan dan lahan warga. Ratusan warga dari dua desa pun harus mengungsi ke lapangan dan sepanjang jalan Purworejo -Tasikharjo untuk menghindari bahaya.

Informasi yang dihimpun Ketik.co.id, kejadian pada Senin (10/6/2024) dini hari sekitar pukul 02.00 WIB. Kala itu warga mulai mencium bau premium yang menyengat dan kian lama semakin kuat, sehingga warga mengalami pusing, sesak nafas.

Warga lain juga mengalami muntah-muntah yang mengharuskan mereka dibawa ke Puskesmas setempat. Tak pelak warga terdiri anak -anak, perempuan dan lelaki pun langsung meninggalkan rumah dengan memakai masker.

“Banyak warga sesak nafas dan mual. Sehingga warga saya evakuasi dititik kumpul Lapangan Brangkal dan di Desa Sumurgeneng mulai Senin dini hari,” ungkap Kades Tasikharjo Damuri kepada wartawan, Senin (10/06/2024).

Foto Sunrise dengan uap gas di Desa Tasikharjo Jenu Tuban (10/06/2024)(Foto Ahmad Istihar/Ketik.co.id)Uap gas di Desa Tasikharjo Jenu Tuban (10/06/2024)(Foto Ahmad Istihar/Ketik.co.id)

Lanjut kata Damuri menjelaskan, bahwa kebocoran diketahui warga sekitar pukul 02.00 WIB. Dari kebocoran itu, bahan bakar minyak meluber ke jalan dan lahan warga yang membuat desanya terdampak terparah berada di Dusun Plaosan.

“Ini ada kebocoran di TBBM (Fuel Terminal Tuban, Red). Kebocoran minyak masuk ke lahan warga dan membuat kabut pekat,” kata Damuri kepada wartawan, Senin (10/06/2024).

Pihaknya belum mendapat informasi detail dari Fuel Terminal Tuban PT. Pertamina terkait kebocoran bahan bakar minyak tersebut.

“Sejak malam itu saya sudah hubungi pihak Pertamina tapi tidak respons. Kami juga belum mendapat penjelasan apapun dari Pertamina,” tutupnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

TBBM Pertamina TPPI Jenu Tuban Partaniaga