Telkom-Indosat Ooredoo Hutchison Siap Berdayakan UMKM

Editor: M. Rifat

15 November 2022 23:48 15 Nov 2022 23:48

Thumbnail Telkom-Indosat Ooredoo Hutchison Siap Berdayakan UMKM Watermark Ketik
PT Telkom Indonesia (persero) Tbk dan Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) melakukan MoU di sela kegiatan B20 Summit KTT G20. (Foto: Humas BUMN)

KETIK, DENPASAR – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Telkom Indonesia (persero) Tbk berkolaborasi dengan Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) untuk memberikan pengalaman digital terbaik bagi masyarakat dan berperan aktif untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital Indonesia melalui penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) bertepatan dengan puncak acara B20 Summit, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada Senin (14/11/022) di Nusa Dua, Provinsi Bali.

"Telkom sebagai lokomotif digitalisasi di Indonesia selalu ingin memperluas perannya untuk mempercepat adopsi teknologi nasional dan menggerakkan ekonomi digital Indonesia, salah satunya melalui kolaborasi seperti yang saat ini kami lakukan dengan IOH,” ujar Direktur Utama PT Telkom Indonesia, Ririek Adriansyah, dalam keterangannya pada Senin (14/11/2022).

Ririek mengatakan, dalam kolaborasi itu, Telkom Indonesia dan IOH berupaya menciptakan inovasi untuk solusi digital, sekaligus menjajaki kemungkinan kemitraan dengan perusahaan teknologi global untuk memberdayakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bahkan perusahaan besar untuk tumbuh lebih besar lagi.

Kedua perusahaan telekomunikasi lokal itu akan bekerja sama dalam meningkatkan literasi digital bagi keberlangsungan bisnis digital di Indonesia, seperti dengan berkomitmen untuk memberdayakan lebih banyak sumber daya manusia (SDM) Indonesia dengan talenta digital untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional melalui digitalisasi. 

“Kolaborasi itu, diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan dan jangkauan, bahkan hingga mempercepat adopsi teknologi seperti 5G, Internet of Things (IoT), dan industrial metaverse, yang akan menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia di masa depan,” jelas dia.

Selain itu, Telkom Indonesia dan IOH dipastikan akan terus memainkan peran penting dalam mempercepat ekosistem digital di Indonesia melalui kolaborasi serta pengembangan produk dan layanan.

“Kolaborasi itu akan mengatasi tantangan masyarakat digital sekaligus memberikan pengalaman yang luar biasa bagi setiap masyarakat Indonesia,” imbuhnya.

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, menambahkan, IOH lahir dengan tujuan yang lebih besar untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia dengan mempercepat transformasi digital bangsa.

Menurut Vikram, pihaknya terinspirasi oleh filosofi Indonesia yang kuat, gotong royong, yang mencakup keyakinan bahwa kolaborasi tim akan menghasilkan manfaat yang besar. 

“Kolaborasi hari ini dengan Telkom Indonesia merupakan salah satu upaya kami untuk memberikan pengalaman digital yang luar biasa dan berkelas dunia kepada seluruh pelanggan sekaligus mempercepat transformasi digital Indonesia," Pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

KTT G20 telkom IOH UMKM