Temui Masyarakat Blitar, Cagub Jatim Tri Rismaharini Janjikan Pendidikan, Kesehatan, dan Pupuk Gratis Jika Terpilih

Jurnalis: Favan Abu Ridho
Editor: M. Rifat

28 Oktober 2024 05:05 28 Okt 2024 05:05

Thumbnail Temui Masyarakat Blitar, Cagub Jatim Tri Rismaharini Janjikan Pendidikan, Kesehatan, dan Pupuk Gratis Jika Terpilih Watermark Ketik
Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 3, Tri Rismaharini di Blitar, Minggu 27 Oktober 2024. (Foto: Favan/ketik.co.id)

KETIK, BLITAR – Calon gubernur Jawa Timur nomor urut 3, Tri Rismaharini, menyampaikan sejumlah janji kampanye kepada masyarakat jika terpilih sebagai gubernur. Beberapa program yang dijanjikan Risma, sapaan akrabnya, meliputi pendidikan dan kesehatan gratis, pupuk gratis bagi petani, hingga pembangunan infrastruktur jalan khusus untuk angkutan barang.

Janji tersebut disampaikan Risma di hadapan komunitas pendidikan, kesehatan, dan driver se-Jawa Timur, di Desa Dayu, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Minggu 27 Oktober 2024.

Dalam sambutannya, Risma menegaskan pentingnya pendidikan dan kesehatan gratis bagi masyarakat Jawa Timur. “Program pertama adalah pendidikan gratis, khususnya untuk SMA dan SMK agar njenengan gak mikir lagi ya! Untuk kesehatan gratis, nanti saya akan komunikasi dengan BPJS,” ujar Risma.

Ia juga mengungkapkan rencananya untuk bernegosiasi dengan BPJS agar jaminan kesehatan bisa mencakup semua warga, terutama jika belum dijamin oleh perusahaan tempat bekerja.

Menanggapi keluhan komunitas driver terkait mahalnya tarif tol dan kendala di timbangan, Risma berjanji akan membangun jalan baru khusus untuk angkutan barang. “Itu untuk membuat jalan, pembangunan di bidang infrastruktur,” tambah Risma.

Di bidang kewirausahaan, Risma menjanjikan bantuan alat usaha gratis bagi masyarakat yang ingin memulai usaha. “Kami akan bantu, bentuknya bukan uang, tapi bentuknya alat untuk usaha bapak ibu sekalian,” kata Risma.

Foto Tri Rimaharini saat memberikan keterangan kepada wartawan, Minggu 27 Oktober 2024. (Foto: Favan/ketik.co.id)Tri Rimaharini saat memberikan keterangan kepada wartawan, Minggu 27 Oktober 2024. (Foto: Favan/ketik.co.id)

Kepada para petani, Risma juga berjanji akan menyediakan pupuk gratis. “Terkait pupuk, kami tidak hanya bicara subsidi tetapi akan diberikan gratis untuk petani dan nelayan,” ungkapnya.

Namun, Risma juga mengaku masih akan memeriksa lebih lanjut peraturan yang berkaitan dengan program ini agar dapat direalisasikan.

Setelah mendengarkan keluhan dari masyarakat mengenai pendidikan madrasah, Risma menegaskan komitmennya untuk mempermudah perizinan lembaga pendidikan. “Saya insyaallah akan bantu, apapun mereka sudah bantu mencerdaskan anak bangsa. Gak boleh lagi ada hambatan terutama untuk perizinan,” ujarnya.

Terkait masalah pungutan di jembatan timbang, Risma menyatakan akan menertibkan hal tersebut jika terpilih.

“Saya berjanji akan membereskan jembatan timbang, memang itu merupakan kewenangan provinsi. Tentu akan berikan insentif apapun mereka, godaannya sangat besar. Saya akan berikan intensif setelah itu tidak ada lagi pungutan-pungutan seperti itu,” katanya.

Risma berharap berbagai janji tersebut dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Jawa Timur dan mengurangi beban ekonomi mereka, khususnya bagi komunitas driver dan petani yang sering mengalami kesulitan dalam operasional sehari-hari. (*)

Tombol Google News

Tags:

Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 3 Tri Rismaharini Dayu Blitar Kabupaten Blitar Driver pupuk petani pilkada