Terkena Diabetes, Suti Karno Mengaku Menyesal Tak Jalani Pola Hidup Sehat di Masa Muda

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Gumilang

22 Maret 2024 09:00 22 Mar 2024 09:00

Thumbnail Terkena Diabetes, Suti Karno Mengaku Menyesal Tak Jalani Pola Hidup Sehat di Masa Muda Watermark Ketik
Suti Karno. (Foto: Instagram @tabloidbintang)

KETIK, JAKARTA – Menjadi pengidap diabetes selama 20 tahun, membuat artis kawakan Suti Karno merasakan penyesalan yang mendalam akibat tidak menjaga pola hidup saat masih muda. Bahkan akibat penyakitnya itu, satu kakinya harus diamputasi.

Akan tetapi adik dari Rano Karno tersebut tetap berusaha menjalani hidupnya saat ini tanpa merasa putus asa dalam menerima setiap cobaan hidup. 

"Tergantung kitanya aja menghadapi hidup itu seperti apa, kalau aku sih udah ikhlas," ujar Suti Karno dikutip dari kanal YouTube Melaney Ricardo, Rabu (21/3/2024).

Lebih lanjut, terkait penyakit yang diidapnya Suti Karno merasa bersalah kepada tuhan lantaran tidak menjaga tubuhnya semasa muda. Apalagi dirinya menjadi pengidap diabetes bukan karena faktor keturunan tetapi karena faktor gaya hidupnya yang salah di masa muda.

"Diabet (saya) bukan turunan, karena pola makan, gaya hiduplah ibaratnya ya kan, waktu zamannya muda itu saya tidak mengonsumsi air putih," tambahnya.

Lebih lanjut, pada saat muda banyak orang mengingatkannya untuk mengkonsumsi air putih. Hal ini lantaran semasa muda Suti Karno gemar sekali minum air bersoda dan tidak pernah minum air putih sama sekali. 

Akibat kebiasaan buruknya tersebut lama kelamaan kadar gula darahnya naik hingga akhirnya menyebabkan dirinya terserang penyakit diabetes.

"Saya tidak pernah minum air putih, jujur. Saya selalu minum minuman bersoda, sama sekali tidak pernah minum air putih,"imbuhnya.

Akan tetapi saat ini Suti Karno sudah mulai mengubah pola hidupnya setelah divonis mengidap diabetes. Dirinya sudah meninggalkan minuman berperisa seperti es teh manis dan soda.

Walaupun saat ini hidup dengan satu kaki, Suti Karno juga tetap semangat lantaran masih diberi kesempatan untuk berbuat baik terlepas dengan keadaan saat ini.

"Saya yang penting masih punya semangat karena Allah masih kasih kesempatan kita untuk berbuat baik," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Entertainment diabetes suti karno pola hidup penyesalan minuman bersoda