Tingkatkam Kualitas SDM Satpol PP Jatim, Hadi Berikan Program Pembekalan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

15 September 2023 13:51 15 Sep 2023 13:51

Thumbnail Tingkatkam Kualitas SDM Satpol PP Jatim, Hadi Berikan Program Pembekalan Watermark Ketik
Kasat Pol PP Hadi Wawan Guntoro saat memberikan materi Kejarsiroma secara online. (Foto: instagram @satpolpp_jatim)

KETIK, SURABAYA – Untuk meningkatkan kualitas suatu instansi, hal pertama yang harus dilakukan adalah meningkatkan kualitas SDM. Hal inilah yang dilakukan oleh Kepala Satpol PP Jawa Timur Hadi Wawan Guntoro. Sadar banyaknya tanggapan negatif terkait Satpol PP di masyarakat, dirinya berinovasi dengan memberikan beragam pembekalan bagi para anggotanya.

Hadi mengatakan kendala pertama yang sering dihadapi oleh anggotanya adalah rasa percaya diri yang rendah. Oleh sebab itu dirinya membuat program berisi pengetahuan mengenai aturan dan SOP dalam menjalankan tugas melalui Kelas Belajar Sigap Romantis (Kejarsiroma).

"Saya berusaha membekali para anggota dengan pengetahuan, salah satunya dengan Kejarsiroma yang berisi pengetahuan. Sehingga nanti ada anggota bertugas mereka sudah paham SOP-nya," jelasnya saat ditemui oleh Ketik.co.id di kantornya, Selasa (12/9/2023).

Selain itu dirinya membuat program Geladi Kesigapan (Gelagapan). Program ini berisi berbagai ilmu ketrampilan agar anggota yang bertugas dapat cepat dan sigap dalam memberikan pelayanan di lapangan. Kegiatan diselenggarakan setiap Rabu pagi secara online, agar dapat diikuti oleh semua anggota.

"Setiap Rabu pagi saya juga ada Gelagapan, ini kelas online sehingga bisa diikuti oleh teman di lapangan. Selain Satpol PP Jatim, ini diikuti juga oleh Satpol PP dari provinsi lain," tambahnya.

Foto Kasat Pol PP Hadi Wawan Guntoro saat ditemui di ruang kerjanya. (Saifullah Yusuf/Ketik.co.id)Kasat Pol PP Hadi Wawan Guntoro saat ditemui di kantornya. (Saifullah Yusuf/Ketik.co.id)

Mantan kepala Biro Organisasi Jatim ini berharap semoga dengan berbagai program dan inovasi yang dilakukan dapat mengembangkan SDM Satpol PP Jatim menjadi lebih baik. Hal ini sangat penting karena dapat memudahkan anggota dalam menjalankan tugasnya dengan baik.

Apalagi mengingat tugas dari Satpol pp adalah menjamin hak dasar masyarakat untuk mendapatkan situasi yang tentrem dan tertib. Sehingga sudah dipastikan Satpol PP akan sering bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Kita kan pekerja lapangan yang tugasnya menjamin lingkungan yang tentrem dan tertib jadi sudah selayaknya anak anak ini saya bekali beragam ilmu agar dapat diterapkan saat menjalankan tugas," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Satpol PP Jatim SDM program Kejarsiroma Gelagapan SOP tugas