Tingkatkan Minat Baca, Disarpus Lumajang Gelar Pameran Buku Murah

Jurnalis: Abdul Fatah
Editor: M. Rifat

12 Oktober 2024 16:07 12 Okt 2024 16:07

Thumbnail Tingkatkan Minat Baca, Disarpus Lumajang Gelar Pameran Buku Murah Watermark Ketik
Pameran buku Disasrpus Lumajang gelar Pameran buku, 11 Oktober 2024. (Foto: Kominfo Lumajang)

KETIK, LUMAJANG – Untuk terus mendorong minat baca masyarakat Lumajang, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Lumajang bekerja sama dengan Toko Buku Gramedia Jember, menggelar pameran buku murah di Galeri Perpustakaan Mula Malurung.

Pameran yang berlangsung mulai 10 hingga 27 Oktober 2024 ini bertujuan mendorong literasi masyarakat dan memperkuat pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di Lumajang.

Kepala Disarpus Lumajang, Indra Wibowo Leksana menyatakan bahwa pameran tersebut diharapkan memudahkan masyarakat, khususnya generasi muda dalam mengakses buku-buku berkualitas dengan harga terjangkau.

"Kami berharap dengan tersedianya buku-buku murah yang berkualitas, minat baca di kalangan pelajar maupun masyarakat umum semakin meningkat, sejalan dengan peningkatan Indeks Pembangunan Literasi di Lumajang," kata dia saat dimintai keterangan di sela kegiatannya, Sabtu (12/10/2024).

Pameran ini menghadirkan ribuan buku dari berbagai genre, mulai dari sastra, ilmu pengetahuan, hingga buku motivasi.

Dengan harga yang lebih terjangkau, diharapkan semakin banyak masyarakat yang bisa mendapatkan akses kepada buku-buku tersebut, terutama untuk menumbuhkan budaya membaca sejak dini.

Menurut Indra, akses terhadap literatur yang lebih mudah diharapkan mampu mencetak generasi yang unggul dan kompetitif di berbagai bidang.

Selain menumbuhkan minat baca, pameran ini juga sejalan dengan komitmen Pemerintah Kabupaten Lumajang dalam memperkuat pembangunan SDM.

"Pameran buku murah ini diharapkan menjadi momentum bagi Lumajang dalam mewujudkan masyarakat yang gemar membaca, sekaligus memperkuat langkah pemerintah dalam membangun SDM yang kompetitif dan berdaya saing global," jelasnya.

Dengan adanya upaya-upaya strategis seperti ini, Lumajang optimistis dapat mencetak generasi literat yang tidak hanya memahami teori, tetapi juga memiliki kemampuan praktis yang dapat diimplementasikan di dunia kerja dan kehidupan sehari-hari. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pemeran buku Lumajang disarpus Lumajang berita lumajang hari ini