Tips Mudah Merawat Kesehatan Payudara bagi Wanita

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

2 Februari 2024 23:45 2 Feb 2024 23:45

Thumbnail Tips Mudah Merawat Kesehatan Payudara bagi Wanita Watermark Ketik
Deteksi dini payudara penting untuk mengetahui perubahan akibat serangan penyakit. (Foto: Freepik)

KETIK, JAKARTA – Dalam merawat tubuh, payudara merupakan salah satu bagian tubuh yang tidak boleh luput dari perawatan bagi kaum hawa. Merawat payudara selain penting untuk menjaga penampilan ternyata juga berguna untuk mendeteksi adanya perubahan yang diakibatkan oleh penyakit tertentu.

dr. Dona Parenta Mulia, Research and Development Team dari Konayu mengatakan penting bagi perempuan untuk memperhatikan kesehatan payudara sejak usia dini, minimal 17 tahun

"Memiliki payudara yang indah dan sehat adalah sebuah impian dan harapan bagi wanita. Oleh karena itu, perlu untuk merawat payudara sejak dini agar wanita terhindar dari berbagai penyakit payudara," jelasnya.

dr. Dona menjelaskan sebenarnya bukan perkara yang sulit untuk merawat payudara sejak dini. Perawatan ini pun dapat dilakukan di rumah. Setidaknya perempuan harus melakukan lima hal berikut ini sebagai cara untuk merawat payudara.

1. Pahami Tubuhmu

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memahami tubuh kita sendiri khususnya payudara masing-masing. Seperti bentuk dan tekstur. Hal ini akan memudahkanmu melakukan deteksi jika terjadi perubahan di suatu hari.

 

2. Melakukan Aktivitas Fisik

Melakukan aktivitas fisik seperti olahraga juga memberikan dampak positif pada payudara. Dengan berolahraga sirkulasi darah di area payudara akan menjadi lebih lancar. Selain itu kekencangan payudara juga akan terawat.

 

3. Gunakan Bra yang Pas dan Nyaman

Hal yang tidak boleh kamu lewatkan adalah penggunaan bra yang pas dan nyaman. Hal ini merupakan kunci dari merawat payudara. Jangan pilih yang terlalu ketat atau longgar. Pemilihan bra yang baik akan menjaga bentuk payudara.

 

4. Mengatur Pola Makan

Mengatur pola makan merupakan hal yang tidak boleh dilupakan dalam melakukan perawatan payudara. Dengan nutrisi tepat dan seimbang. Resiko terserang penyakit payudara akan mengecil, selain itu juga dapat menjaga keseimbangan hormon.

 

5. Istirahat Cukup

Hal ini nampaknya yang paling sering dilupakan banyak orang. Padahal dengan istirahat dan tidur cukup akan berpengaruh besar terhadap kesehatan tubuh salah satunya payudara. Saat tidur, hormone-hormon tubuh bekerja untuk memperbaiki sel-sel, termasuk sel-sel payudara.(*)

Tombol Google News

Tags:

kesehatan payudara deteksi dini Olahraga bra pola makan istirahat