Trik Unik Cegah Orang Masuk Kamar Hotel

Jurnalis: Arief
Editor: M. Rifat

5 Juni 2023 18:00 5 Jun 2023 18:00

Thumbnail Trik Unik Cegah Orang Masuk Kamar Hotel Watermark Ketik
Pramugari kerap diincar saat menginap di kamar hotel. (Foto: getty via reader digest)

KETIK, JAKARTA – Waspadalah dengan barang bawaan Anda saat menginap di kamar hotel. Segala tindak pencurian perlu diantisipasi, meski pihak hotel telah memberlakukan pengamanan ketat. Bisa saja pencurian disebabkan adanya kesempatan.

Baru-baru ini seorang mantan pramugari di sebuah perusahaan penerbangan Eropa membagikan tips cara mengetahui ada orang asing masuk kamar. Cukup sederhana tips yang dibagikan.

Wanita itu selalu menyimpan koper atau tas lain di dekat pintu. Cara ini benar-benar efektif untuk membuat gaduh isi kamar. Tas akan terdorong atau menimbulkan suara ketika ada orang mencoba mendorong pintu kamar.

Menurutnya, cara ini bisa dijadikan antisipasi saat pintu kamar lupa dikunci dari dalam. Trik ini juga bisa dimanfaatkan wisatawan lain saat meninggalkan kamar untuk berbelanja atau sedang makan.

Bila tas tidak berada di posisi awal atau berantakan, tidak tertutup kemungkinan ada orang masuk. Sebaiknya segera periksa barang berharga yang tersimpan di kamar hotel.

Trik lain yang bisa digunakan menggunakan benang. Benang bisa ditempatkan di antara dinding dan pintu. Benda itu pasti terjatuh jika ada orang yang membuka paksa pintu saat tidak ada orang di dalam.

“Cara lain yang bisa diaplikasikan adalah menggunakan selembar kertas. Lipat selembar kertas kecil (daria dalam) dan masukkan ke kusen pintu. Periksa bagian luar untuk memastikan potongan kecil terlihat dari luar,” katanya, dikutip dari Express, Minggu (4/6/2023).

“Kertas akan terjatuh ke lantai ketika ada yang memaksa membuka pintu,” imbuhnya.

Ia juga berbagi tips, tidak berada di dalam lift dengan satu orang. Selain itu, ia juga berusaha untuk tidak diikuti orang saat menuju kamar hotel. Saran lain yang disampaikan untuk berada di lobby hotel bila merasa tidak aman atau tidak nyaman.

Menurutnya, pencurian terhadap pramugari di kamar hotel kerap terjadi di sejumlah negara yang ia kunjungi.(*)

Tombol Google News

Tags:

pramugari Pencurian kamar hotel perusahaan penerbangan