Trotoar Glow In The Dark Kota Batu Mulai Dibangun

Jurnalis: Sholeh
Editor: M. Rifat

8 Juli 2024 07:53 8 Jul 2024 07:53

Thumbnail Trotoar Glow In The Dark Kota Batu Mulai Dibangun Watermark Ketik
DPUPR Kota Batu mulai membangun trotoar Glow in The Dark atau menyala saat gelap di Jalan Panglima Sudirman (7/7/2024). (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu mulai membangun trotoar Glow in The Dark atau menyala saat gelap di Jalan Panglima Sudirman.

Trotoar Glow in The Dark tersebut akan dibangun dengan memakai bahan pecahan fosfor. Total anggarannya yang digunakan sebesar Rp7 miliar bersumber dari APBD 2024.

Kabid Bina Marga DPUPR Kota Batu Eko Setyawan menyatakan, ada tiga trotoar ruas jalan protokol yang akan dipercantik. Yaitu Jalan Panglima Sudirman sisi utara, Jalan Brosem (Bromo-Semeru) dan Jalan Diponegoro.

"Kami ingin mewujudkan drainase yang baik dan pedestrian atau trotoar di sepanjang Jalan Panglima Sudirman yang layak. Juga bertujuan untuk mempercantik wajah perkotaan," ujarnya Senin (8/7/2024).

Eko menegaskan, rehabilitasi trotoar untuk mencegah banjir yang kerap terjadi di ruas jalan tersebut. Selain itu, wajah trotoar yang layak dan cantik dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

“Trotoar ini bertujuan memberi fasilitas yang baik untuk pejalan kaki dan mencegah banjir. Harapannya ini bisa jadi spot wisata baru di Kota Batu," sambungnya.

Menurut Eko, pengerjaan trotoar Jalan Panglima Sudirman sisi utara akan mulai dilakukan sepanjang 955 meter. Pembangunan tersebut merupakan program lanjutan tahun 2023 yang memiliki panjang 600 meter berada di sisi selatan.

Selain untuk mempercantik trotoar, proyek tersebut, dikatakannya, sekaligus sebagai bentuk pembangunan sarana prasarana secara berkelanjutan.

"Kami sudah melakukan sosialisasi kepada warga setempat. Termasuk beberapa pengelola usaha, terutama yang terdampak pada pembangunan. Ini supaya masyarakat memahami trotoar ini untuk mendukung pariwisata,” tutupnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu DPUR Kota Batu trotoar Jalan Panglima Sudirman Kota Batu