Unitri Target Luluskan 1200 Mahasiswa Tiap Tahun

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: M. Rifat

17 Februari 2024 08:23 17 Feb 2024 08:23

Thumbnail Unitri Target Luluskan 1200 Mahasiswa Tiap Tahun Watermark Ketik
Rektor Unitri, Prof. Eko Handayanto. (Foto: Lutfia/Ketik)

KETIK, MALANG – Salah satu kampus swasta di Kota Malang, Universitas Tribuana Tunggadewi (Unitri) telah mematok target kelulusan 1200 mahasiswa tiap tahun.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Rektro Unitri Prof. Ir. Eko Handayanto usai melepas kelulusan 400 mahasiswanya pada Sabtu (17/2/2024).

Menurut Prof Eko, target 1200 lulusan setiap tahunnya merupakan angka yang ideal bagi Unitri. Pasalnya setiap tahun Unitri seringkali menerima sekitar 1200 mahasiswa meskipun sempat terjadi penurunan pada tahun lalu.

"Kita targetkan di 1200 karena jumlah mahasiswa yang masuk di kisaran 1200 mahasiswa. Idealnya yang lulus juga sejumlah itu, memang tidak mudah namun tetap kita upayakan," ujar Prof. Eko.

Menurutnya salah satu tantangan yang dihadapi ialah kelulusan mahasiswa yang berada dalam program studi eksakta. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) sendiri telah mengeluarkan aturan baru bahwa mahasiswa dapat lulus tanpa skripsi. Namun Prof Eko menganggap lulus tanpa skripsi juga memiliki tingkat kesulitan tersendiri.

"Untuk Ilmu-ilmu Eksakta itu tidak mudah, agak terlambat dalam menyelesaikan tugas akhir. Meskipun sudah ada aturan Menteri bahwa boleh tidak skripsi, ternyata mengerjakan skripsi jauh lebih mudah daripada yang lain," tuturnya.

Untuk itu Unitri selalu mencari cara untuk melakukan percepatan target tersebut. Salah satunya dengan workshop mengenai tugas akhir yang akan segera dilaksanakan bersama para mahasiswa.

"Kita minggu depan akan workshop mengenai tugas akhir. Bagaimana untuk mempercepat kelulusan. Salah satu kendala akreditasi beberapa prodi adalah lulusannya molor dan tidak tepat waktu. Itu kan menurunkan peringkat," tutur Prof Eko.

Selain itu Kepala Biro Administrasi Akademik, Pramono Sasongko menjelaskan setiap tahun Unitri merencanakan untuk menggelar wisuda selama 3-4 periode. Dalam masing-masing periode akan diisi oleh 400 wisudawan.

"Setiap tahun kita rencanakan ada 3-4 periode wisuda karena kami menggunakan sistem kloter. Begitu sudah 400 pendaftar, dan tanggal kegiatan tidak bertabrakan dengan agenda tertentu maka akan kami jalankan," jelas Pramono.

Pada tahun lalu, Unitri mengalami pencapaian target yakni sebanyak 1240 mahasiswa yang lulus pada 2023.

"Kami sudah sesuai terget lulusan yang bisa mencapai 1200-1500 lulusan per tahun. Dengan 3 kali wisuda sebenarnya sudah memenuhi target, tahun 2023 lalu kita 3 kali wisuda tapi ada satu periode dengan 440 lulusan," tutupnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Rektor Unitri Lulusan Unitri Universitas Tribuana Tunggadewi Unitri Malang Kampus Malang PTS Malang Target Lulusan