Universitas Terbuka Luncurkan Prodi Baru S-1 PAI, Cek Informasinya!

Jurnalis: Siti Fatimah
Editor: Marno

13 Februari 2024 09:00 13 Feb 2024 09:00

Thumbnail Universitas Terbuka Luncurkan Prodi Baru S-1 PAI, Cek Informasinya! Watermark Ketik
Dwianto Asmara, Marketing Manajer UT Surabaya ketika ditemui di Kantor UT Surabaya (Foto: Aisyah/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Universitas Terbuka (UT) Surabaya kembali luncurkan prodi baru S-1 Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk calon mahasiswa mulai Senin (5/2/2024) sampai Kamis (22/2/2024).

“UT membuka prodi baru, S1 PAI dan S1 Perpajakan bagi siapa saja yang ingin mendalami keilmuan tersebut,” ungkap Dwianto Asmara, Marketing Manager UT Surabaya saat ditemui Ketik.co.id di Kantor UT Surabaya, Senin (12/2/2024).

Pembukaan prodi baru dilakukan untuk mencetak profesional yang berperan sebagai pendidik atau praktisi pendidikan, pembantu peneliti, edupreneur, dan penggiat pembelajar sepanjang hayat.

“Kami menarget sekitar 200 mahasiswa baru Prodi Pendidikan Agama Islam untuk  masa 2023/2024,” lanjutnya

Prodi S1 PAI ini sangat terbuka bagi guru maupun non-guru dengan skema layanan Sistem Paket Semester (SIPAS). Sementara itu, untuk layanan Non SIPAS baru akan dibuka pada semester ganjil tahun akademik 2025/2026.

Mengapa Harus UT?

Universitas negeri ini menawarkan fleksibilitas dan kemudahan dalam belajar. Sama seperti prodi lainnya, S1 Pendidikan Agama Islam ini juga menggunakan sistem belajar e-learning maupun tatap muka.

“Iya, sistem belajarnya tetap sama. Mahasiswa nanti menggunakan e-learning, ada juga tatap muka jika diperlukan,” ungkapnya.

Proses pembelajaran ini tentu saja memudahkan mahasiswa dalam mengikuti mata kuliah di mana saja dan kapan saja. Meskipun mahasiswa tersebut sedang bekerja atau memiliki kegiatan padat lainnya.

Menariknya, kuliah di UT tidak ada tes masuk. Jadi penyaringan calon mahasiswa melalui seleksi berkas.

Foto Gedung Universitas Terbuka Surabaya (Foto: Aisyah/Ketik.co.id)Gedung Universitas Terbuka Surabaya (Foto: Aisyah/Ketik.co.id)

“Kami tidak ada tes. Filternya dari seleksi berkas itu lebih ketat seleksi administrasinya. Karenanya berkas-berkasnya harus lengkap, terlebih ijazah. Kalau nggak ada ijazah ya nggak bisa,” papar Dwi kepada Ketik.co.id.

Selain itu, kuliah di UT mahasiswa tidak perlu membayar uang gedung. Jadi siapapun tetap bisa kuliah dengan biaya terjangkau tanpa adanya uang gedung sepersenpun.

Pendaftaran dan Biaya Kuliah

Khusus calon mahasiswa PAI yang bukan lulusan Madrasah Aliyah (MA) wajib mencantumkan Surat Keterangan Kemampuan Membaca Al-Qur’an dari instansi yang kompeten dalam melakukan tes Al-Qur’an.

Bagi calon mahasiswa bisa mendaftar lewat online melalui laman admisi-sia.ut.ac.id atau sl.ut.ac.id/infoutsby dengan rincian biaya sebagai berikut!

  • SIPAS non TTM: Rp1.500.000,-/semester
  • Non-SIPAS: Rp70.000,-/sks
  • Biaya tatap muka dan tutorial webinar (tuweb): Rp150.000,-/ mata kuliah.

Bagaimana, tertarik kuliah di UT? Yuk segera daftar sebelum pendaftaran di tutup!

Tags:

UT Surabaya Prodi baru S1 PAI Prodi S1 Pendidikan Agama Islam UT Universitas Terbuka Surabaya