UT Surabaya Tawarkan Pendidikan Fleksibel, Bahkan Tanpa Ijazah

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

8 Januari 2024 07:41 8 Jan 2024 07:41

Thumbnail UT Surabaya Tawarkan Pendidikan Fleksibel, Bahkan Tanpa Ijazah Watermark Ketik
Gedung UT Surabaya. (Foto: Dok. UT)

KETIK, SURABAYA – Untuk memberikan akses pendidikan yang fleksibel bagi masyarakat Universitas Terbuka (UT) memberikan berbagai macam kemudahan dan kesempatan agar masyarakat lebih mudah untuk kuliah.

Melalui program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) UT berkomitmen memberikan layanan pendidikan terbaik untuk masyarakat. Termasuk bagi mereka yang belum lulus saat menempuh studi di perguruan tinggi lain.

RPL sendiri merupakan pengakuan atas Capaian Pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal atau nonformal, dan/atau pengalaman kerja kedalam pendidikan formal. UT Surabaya telah lama menerapkan Sistem Alih Kredit sebagai bentuk RPL yang mengakui pengalaman belajar dan kelulusan mata kuliah yang telah diperoleh mahasiswa dari perguruan tinggi lain.

Menurut Direktur Universitas Terbuka Surabaya, Dr. Suparti, M.Pd, UT Surabaya terbuka untuk umum, tidak hanya bagi calon mahasiswa tapi juga masyarakat yang hendak merasakan bangku kuliah.

“Semua orang boleh kuliah (di UT Surabaya), mau pejabat boleh, masyarakat biasa boleh, ibu rumah tangga boleh. Bahkan tidak punya uang juga boleh yang penting punya ijazah,” kata Suparti, Minggu (8/1/2024).

Selain itu juga terdapat jalur non RPL yang merupakan program yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa lulusan SMA, SMK, MA, Paket C atau sederajat.

“Kami buka program pelatihan bagi mereka yang tidak memiliki ijazah untuk merasakan bangku kuliah,” tambahnya

“Jadi tidak ada syarat ijazah yang penting berminat saja. Bagaimana yang tidak punya uang? Boleh ikut, tapi tidak dapat sertifikat,” sambungnya.

Pendaftaran untuk jalur RPL dan non RPL dibuka hingga 29 Februari 2024. Bagi calon mahasiswa yang berminat untuk mendaftar ke UT Surabaya, dapat mengakses laman web https://admisi-sia.ut.ac.id.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pendidikan Universitas Terbuka Jalur RPL Non RPL Fleksibel masyarakat Kuliah gratis Rekognisi Pembelajaran Lampau