Waduh! Google dan Apple Diminta Hapus Tiktok dari Toko Aplikasi

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

3 Februari 2023 10:27 3 Feb 2023 10:27

Thumbnail Waduh! Google dan Apple Diminta Hapus Tiktok dari Toko Aplikasi Watermark Ketik
Tiktok. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Nasib aplikasi berbagi video pendek asal China Tiktok nampaknya sedang berada di ujung tanduk. Hal ini lantaran Senator wilayah Colorado, Amerika Serikat (AS), Michael Bennet meminta raksasa teknologi Apple dan Google untuk menyingkirkan TikTok dari toko aplikasi mereka.

Permintaan itu disampaikan Bennet dalam sebuah surat pada Kamis (2/2/2023) yang ditujukan langsung pada bos kedua perusahaan, Tim Cook dan Sundar Pichai.

Tindakan ini diambil karena Tiktok dituduh mengumpulkan data pengguna secara agresif yang mana tindakan ini dikhawatirkan mengancam keamanan Nasional Amerika Serikat.

"Pengaruh besar TikTok dan pengumpulan data yang agresif menimbulkan ancaman khusus bagi keamanan nasional AS karena kewajiban perusahaan induknya di bawah hukum China," tulis Bennet dalam suratnya.

Bennet yang merupakan anggota Komite Intelijen Senat adalah anggota parlemen pertama yang menghubungi langsung penyedia toko aplikasi seperti Apple dan Google untuk meminta penghapusan TikTok.

Sementara itu, Tiktok terus berusaha bernegosiasi dengan pemerintah termasuk Komite Investasi Asing AS (CFIUS). Platform berbagi video meminta agar bisa mengoperasikan aplikasinya di negara tersebut. Langkah ini sudah mereka lakukan dalam 3 tahun terakhir.

Kabar soal TikTok ini langsung disambut oleh investor di bursa saham. Saham Meta, induk usaha Instagram, melejit setelah harga saham perusahaan yang dipimpin Mark Zuckerberg ini terus-terusan merosot dalam beberapa hari terakhir.(*)

Tombol Google News

Tags:

TikTok Google Apple Toko Aplikasi Amerika Serikat ekosistem