Wagub Jabar: Ulama dan Umara Harus Bersinergi

Jurnalis: Akhmad Sugriwa
Editor: M. Rifat

26 Januari 2023 03:52 26 Jan 2023 03:52

Thumbnail Wagub Jabar: Ulama dan Umara Harus Bersinergi Watermark Ketik
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat Rakor MUI Jabar di Jatinangor, Kab Sumedang, Rabu (25/1/23). (Adpim Jabar/Ketik.co.id)

KETIK, SUMEDANG – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menghadiri Rapat Koordinasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Barat di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Rabu (25/1/2023).

Wagub Jabar berharap MUI di daerah, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, menjalin komunikasi yang baik dengan kepala daerah. 

"Kepala daerah butuh kebersamaan dengan para ulama, maka MUI bisa jadi fasilitator yang menghubungkan antara umat dan umara," ucap wagub.

Dengan begitu, kata Uu, pemerintah dan MUI dapat bersama-sama membimbing umat dan merumuskan kebijakan dakwah. Begitu juga nasihat dan fatwa dapat diberikan sesuai fenomena yang tengah terjadi.

"Sering-sering rapat dengan para pihak membahas fenomena yang berkembang (di tengah masyarakat), lalu putuskan dan jadi payung hukum buat para pejabat," kata Uu. 

"Mudah-mudahan, rapat kali ini mampu mengeluarkan putusan yang rasional, termasuk siapnya MUI menghadapi fenomena di masyarakat," imbuhnya.

Ketua MUI Jabar Rachmat Syafei menuturkan, rapat koordinasi kali ini akan membahas isu keumatan yang sedang dan akan dihadapi. 

"Silaturahim pada pertemuan ini penting, dan harus dimaknai demi meningkatkan kesadaran kita sebagai ulama, memiliki peran menonjol terhadap kesatuan persatuan, persaudaraan di antara kita," ucap Wagub Jabar. (*)

Tags:

ULAMA UMARA WAGUB JABAR MUI MUI JABAR UU RUZHANUL ULUM